icon-category Auto

Gak Cuma Dipajang, Hyundai Ioniq 6 Resmi Dijual di Malaysia

  • 25 Jul 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Hyundai Ioniq 6 sudah dipajang dalam beberapa pameran di Indonesia, namun hingga saat ini mobil listrik sedan itu tak kunjung dijual oleh pabrikan Korea Selatan tersebut.

Berbeda dari Indonesia, Malaysia justru lebih dulu mendapatkan Hyundai Ioniq 6, namun harga jualnya cukup fantastis.

Low Yuan Lung selaku Managing Director Hyundai-Sime Darby Motors menyebutkan, pihaknya bersemangat untuk meluncurkan Ioniq 6 ke pasar Malaysia. Menurutnya mobil tersebut akan menjadi standar baru Hyundai dalam hal teknologi dan efesiensi.

"Profil fastback dan bentuknya yang melengkung adalah hasil dari pengujian terowongan angin yang ekstensif, sehingga mencapai koefisien hambatan 0,21 yang sangat rendah. Tidak hanya Hyundai paling aerodinamis yang pernah ada, ini adalah salah satu kendaraan paling aerodinamis di dunia yang dijual saat ini," ujar Low Yuan Lung dalam keterangan resminya.alt-img

Di Malaysia, Hyundai Ioniq 6 ini hadir dalam dua varian yakni Max RWD dan Max AWD. Kedua variannya sama-sama menggunakan baterai berkapasitas 77,4 kWh.

Secara tenaga, Hyundai Ioniq 6 varian Max RWD disebutkan memiliki tenaga 168 kW atau setara 225 dk dan torsi 350 Nm. Dengan kekuatan dan baterai tersebut, diklaim mobil ini mampu menempuh jarak hingga 614 km dalam baterai penuh.

Sementara varian tertingginya yakni Hyundai Ioniq 6 Max AWD dibekali motor listrik ganda untuk roda depan dan belakang. Tenaganya disebutkan mencapai 239 kW atau setara 320 dk dan torsi 605 Nm. Dengan tenaga lebih besar tapi menggunakan baterai yang sama, jarak tempuhnya menjadi sedikit yakni hanya 519 km saja.

Untuk mengisi baterainya, Hyundai Ioniq 6 bisa dicas menggunakan port tipe 2 (AC) dan CCS (DC). Hyundai mengklaim jika menggunakan AC 11 kW, baterainya bisa diisi dalam 7,1 jam dari 0-100%.

Sementara untuk pengecasan DC berdaya 50kW, hanya membutuhkan 73 menit dari 10 persen ke 80 persen. Bahkan baterainya bisa diisi dengan DC 350 kW yang membuatnya hanya membutuhkan 18 menit untuk sampai ke 80 persen.

Selain dari penggerak dan motor listriknya, perbedaan varian Hyundai Ioniq 6 Max RWD dan AWD adalah dari ukuran roda. Hyundai memilih pelek 18 inci untuk tipe RWD, sementara tipe AWD menggunakan pelek lebih besar yakni 20 inci.

Mengenai fitur, kedua varian ini dilengkapi Blind-Spot Collission-Avoidance Assist, Lane Keeping Assist, Forward Collission-Avoidance Assist, Smart Cruise Control, Manual Speed Limit Assist, dan beberapa fitur lainnya.

Mengenai harga, Hyundai Ioniq 6 Max RWD dijual seharga 289.999 ringgit Malaysia atau setara Rp955 jutaan. Sementara untuk varian Max AWD dijual sebesar 319.888 ringgit Malaysia atau setara Rp1,054 miliaran.

Sebagai tambahan informasi, Hyundai Motors Indonesia (HMID) memang telah memperlihatkan Ioniq 6 beberapa kali. Namun pabrikan asal Korea Selatan itu masih belum memberikan kepastian kapan mobil tersebut akan dijual ke pasar.

Sementara itu keterangan terakhir dari pihak Hyundai masih meminta konsumen yang berminat dengan Ioniq 6 untuk menunggu.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini