icon-category Digilife

Gak Cuma Sora, 6 Platform Ini Juga Bisa Bikin Video dari Teks

  • 24 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – OpenAI sudah punya Sora sebagai gebrakan AI terbaru tahun ini, namun sebelum Sora, ternyata ada beberapa platform AI video yang ternyata sudah dirilis bahkan direncanakan semenjak lama.

Sora disebut-sebut sebagai inovasi besar dimana pengguna bisa membuat video berdurasi 1 menit hanya dari perintah teks. Aplikasi ini belum dirilis secara umum dan masih dalam masa uji keamanan.

Sora bukan satu-satunya aplikasi AI video yang akan meramaikan era baru AI tahun ini. Ada beberapa aplikasi yang justru sudah lebih dulu membuat gebrakan serupa. Apa saja?

Pertama adalah Runway, sebuah perusahaan yang juga membuat platform video AI mereka. Baru-baru ini Runway AI baru saja membuat pembaruan Gen-2 untuk model video AI, dalam platform ini pengguna hanya perlu memasukkan footage, musik, efek, foto dan setelah itu AI akan menyusunnya menjadi rangkaian video.

Kedua, ada Stability AI yang juga meluncurkan video generatif Stable Video Diffusion pada bulan November. Sayangnya, platform ini belum siap untuk dikomersialkan dan hanya digunakan untuk penelitian saja.

Ketiga, ada pemain baru Pika Labs yang meluncurkan alat video AI generatifnya, Pika 1.0, pada bulan November lalu dan sudah tersedia untuk semua orang saat ini. Menurut klaimnya, Pika 1.0 tidak hanya menghasilkan video tetapi juga menyempurnakan dan memperluasnya, seperti jika kalian butuh durasi yang lebih panjang maka Pika akan meningkatkannya dengan penambahan cerita dan alur lainnya.

Kelima ada Google yang baru-baru ini merilis model AI generasi berikutnya Gemini 1.5. Gemini mengungkapkan penelitian dan klip demo dari model Lumiere-nya untuk meramaikan platform video AI.

Meskipun begitu, tidak jelas kapan Google berencana untuk membuat alat tersebut tersedia untuk umum karena mereka masih menguji perlunya alat kuat untuk memerangi bias dan konten berbahaya untuk memastikan teknologinya dapat diterapkan dengan aman.

Keenam, Meta juga tidak ingin ketinggalan, mereka mulai memberikan teaser platform teks-ke-video baru bernama Emu Video yang dikenalkan pada akhir tahun lalu. 

Sama seperti Sora, Emu Video diklaim bisa memenuhi keinginan pengguna ketika membuat perintah Make-A-Video, apalagi dalam hal kualitas dan penyesuaian perintah teks. Meskipun belum membocorkan kapan alat tersebut akan dirilis, CEO Mark Zuckerberg mengatakan Emu akan diintegrasikan ke Facebook dan Instagram.

Persaingan ini akan semakin ramai apabila Elon Musk (dengan chatbot AI Grok miliknya) dan Amazon ikut dalam kompetisi AI Generatif Video ini. Meski begitu, hingga saat ini keduanya masih belum mengumumkan terobosan AI terbaru di masing-masing platform.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini