icon-category Auto

Gak Laku di RI, Ngapain Sih Daihatsu Bikin Sedan Kembaran Vios?

  • 03 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: Dok. Berita Resmi Desain Industri

Uzone.id - Disaat banyak pabrikan berlomba menghadirkan sebuah SUV kompak, malah muncul kabar kalau Daihatsu sedang menyiapkan sebuah sedan entry level kembarannya Vios. Ngapain sih?

Apalagi kita tau, di Indonesia segmen sedan bisa dianggap tidak laku, karena hanya menyasar pehobi dan eksekutif kelas atas saja, sehingga pasarnya sangat kecil sekali.

Tapi Daihatsu tetap ingin menyiapkan sebuah sedan, sebagaimana tertera pada dalam dokumen Berita Resmi Desain Industri No. 44/DI/2022 Direktorat Hak CIpta dan Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM.

BACA JUGA: Fix, Kendaraan Jadi Bodong Jika STNK Mati 2 Tahun

Pada dokumen tersebut, ada sebuah mobil sedan yang didaftarkan oleh Daihatsu. Tertulis nama dan alamat pemohon desain industri itu adalah Daihatsu Motor Co., LTD, yang beralamat di Osaka, Jepang.

Sebagai gambaran, Daihatsu memang sempat memajang mobil konsep sedan bernama DN F Sedan di GIIAS 2017. Tapi sampai sekarang, tidak jelas bagaimana nasibnya.

Secara desain sendiri, dari yang sudah terdaftar terlihat kalau sosoknya sangat mirip sekali dengan Toyota Vios terbaru, yang juga menggunakan platform milik Daihatsu, yakni DNGA alias Daihatsu New Global Architecture (DNGA) milik Daihatsu.

BACA JUGA: Kendaraan yang STNK-nya Hangus, Apakah Bisa Dihidupkan Lagi?

Di Indonesia, Toyota Vios dibekali mesin berkode 2NR-VE 1.500 cc 4 silinder bertenaga 106 dk dan torsi puncak 138 Nm, berpadu dengan transmisi CVT.

Lalu kemudian pertanyaan besarnya, kalau sudah jelas-jelas di Indonesia sedan gak laku, ngapain Daihatsu tetap berencana menghadirkan sebuah sedan?

VIDEO Berapa Konsumsi BBM Wuling Almaz Hybrid?

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini