icon-category Digilife

Gak Mau Ketinggalan, Reels Muncul Juga di Facebook

  • 23 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: NeONBRAND (Unsplash)

    Uzone.id - Mark Zuckerberg sepertinya belum menyerah untuk menghalau popularitas TikTok yang saat ini terus menanjak. Setelah meluncurkan fitur video pendek Reels di Instagram, kini Meta meluncurkan Facebook Reels secara global hari ini, Rabu, (23/02/2022).

    Kehadiran fitur ini bisa dibilang sebagai cara Facebook untuk menarik perhatian kaula muda yang akhir-akhir ini sudah meninggalkan Facebook demi platform video pendek TikTok. Tak hanya itu, Facebook juga sepertinya mulai gencar membujuk kembali penggunanya agar tetap stay di platform mereka setelah mengalami penurunan pengguna beberapa waktu lalu.

    Meta selaku induk dari Facebook dan Instagram terus melakukan pembaruan di platform mereka untuk menyaingi TikTok yang belum terkalahkan hingga saat ini. Dengan kesuksesan Reels di Instagram, Meta sepertinya ingin menerapkan strategi yang sama di platform mereka yang lain dengan menghadirkan Facebook Reels.

    Fitur ini sudah tersedia di iOS dan juga Android di lebih dari 150 negara, termasuk Indonesia. Kalian sudah mencobanya?

    Facebook_Reels_Experience

    Facebook Reels (Dok: The Verge)

    Tak jauh beda dengan fitur Reels di Instagram, Facebook Reels juga bisa me-remix video agar kalian bisa duet dengan video milik orang lain. Untuk durasinya, Reels cabang Facebook ini memiliki durasi 1 menit seperti Instagram Reels.

    Dikutip dari The Verge, Meta juga akan menambahkan fitur lain seperti tool clipping baru dalam beberapa bulan ke depan, tool ini akan memudahkan para kreator untuk mengunggah video rekaman langsung dan video berdurasi panjang untuk menguji format yang berbeda.

    Pengguna Facebook bisa berbagai video Reels mereka ke fitur Stories dan fitur Watch di platform tersebut dalam waktu beberapa minggu ke depan. Label Reels nantinya akan terlihat di Feed bagian atas dimana kalian bisa membuat dan menonton Reels lebih mudah dan praktis.

    Di beberapa negara, Facebook akan memberikan rekomendasi Reels di Feed pengguna meski mereka tak memfollow sang kreator.

    Baca juga: Kaleidoskop 2021: Makin Hari, Instagram Makin Mirip TikTok

    Pengguna bisa menyukai, berkomentar, dan berbagi konten Reels ke teman kalian. Ditambah, pengguna bisa menggunakan fitur Facebook Stars untuk memberi imbalan ke pengguna secara langsung. Fitur Facebook Stars ini tersedia di negara-negara yang sudah menyediakan fitur ads in-stream.

    Facebook juga menambahkan lebih banyak iklan agar kreator lebih mudah memonetisasi konten mereka.

    Iklan ini akan muncul dalam 2 bentuk, iklan banner yang muncul sebagai ‘overlay semi transparan yang muncul di bagian bawah Facebook Reels’ dan iklan stiker statis yang ditempatkan oleh kreator di Reels mereka.

    Meta juga menghadirkan program bonus Reels Play bagi para kreator berdasarkan jumlah view dari Reels yang memenuhi syarat, kreator memiliki kesempatan untuk mendapatkan uang hingga USD35 ribu perbulan atau Rp500 juta lebih.

    Bagaimana, tertarik untuk ikut program ini di Facebook Reels?

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini