icon-category Ramadan

Gak Perlu Takut QRIS Palsu, Ini Cara Aman Sedekah Secara Online

  • 12 Apr 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id — Sedekah saat ini bisa dilakukan secara digital lewat berbagai platform, sayangnya kasus yang baru-baru ini terjadi membuat masyarakat khawatir untuk berbagi rejeki mereka lewat QRIS di kotak amal masjid.

Di bulan penuh kebaikan ini, jangan sampai kasus penipuan lewat platform digital menghalangi kalian untuk berbagi dengan seksama. Simak beberapa tips aman berikut untuk sedekah secara online lewat berbagai platform.

Telusuri lembaga penyedia donasi online

Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum memberikan donasi secara online adalah memeriksa kembali lembaga penyedia tersebut, pastikan untuk mengecek kredibilitas penyelenggara donasi di internet. Agar makin yakin, cek rekam jejak dan testimoni pengguna lain yang telah melakukan sedekah di tempat yang sama.

Pastikan juga kalian bisa mengunduh aplikasi di toko aplikasi resmi seperti Google Play dan App Store, atau website resmi lembaga terkait untuk menghindari aplikasi palsu berisi malware.

Cek penyedia layanan sedekah online

Jika kalian memilih bersedekah lewat media sosial dan DKM Masjid, kalian perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti memeriksa apakah nama rekening sudah sesuai dengan lembaganya, tanyakan juga penyaluran dana serta memeriksa kembali apakah lembaga tersebut benar-benar melakukan program penyaluran dana.

Karena, tak sedikit oknum mencatut nama sebuah lembaga untuk menipu jamaah yang hendak bersedekah. 

Untuk kalian yang hendak mengirimkan dana menggunakan QRIS, cek terlebih dahulu apakah stiker QRIS tersebut asli atau tidak, pasalnya dalam modus stiker QRIS palsu yang baru-baru ini terjadi, pelaku biasanya menempelkan alamat barcode palsu atas stiker QRIS yang asli.

Gunakan aplikasi dan website terpercaya

Saat ini, sedekah online bisa dilakukan di berbagai website dan platform, salah satunya e-commerce dan website resmi Baznas atau Badan Amil Zakat Nasional. Selain itu, ada juga akun-akun di media sosial yang juga membuka layanan sedekah untuk orang-orang yang membutuhkan.

Baznas, platform e-wallet dan e-commerce jadi platform yang cukup trusted untuk melakukan sedekah.

Cek rekening penghimpun dana

Biasanya, rekening penghimpun dana umat akan menggunakan nama lembaga agar lebih dipercaya. Untuk itu, penting bagi kalian untuk memeriksa kembali nama rekening sebelum mengirimkan donasi secara online.

Jika kalian ingin mengirimkan donasi ke masjid atau lembaga sosial, kalian bisa memeriksa akun-akun media sosial terkait. Biasanya, mereka akan mencantumkan beberapa akun dan rekening untuk menampung donasi dari pihak luar.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini