home ×
Digilife

Gamers Diajak untuk ‘Membuat’ Robot Militer

19 February 2020 By
Gamers Diajak untuk ‘Membuat’ Robot Militer
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Ist)

Uzone.id - Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) tengah mengembangkan sebuah robot untuk kebutuhan militer berbasis artificial intelligence alias kecerdasan buatan.

Menariknya untuk membuat proyek robot militer berbasis kecerdasan buatan ini, pihak Angkatan Darat Amerika Serikat meminta bantuan dari para gamers. Loh, buat apa?

Ternyata mereka ‘memanfaatkan’ para gamers untuk mempelajari gelombang orak dan gerakan mata para gamers. Nantinya mereka akan direkam untuk membantu membuat kecerdasan buatan di robot militer.

Baca juga: Robot Layanani Tamu Hotel Agar Tak Terkena Virus

Para peneliti Artificial Intelligence Institute dari University of Buffalo yang bekerjasama dengan Departemen Angkatan Darat AS melakukan studi terhadap 25 gamers yang bermain game jenis strategi, seperti StarCraft, Stellaris, dan Company of Heroes menjadi game yang masuk ke dalam penelitian.

Nantinya, hasil pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan hingga 250 robot udara dan darat guna bekerja dalam situasi yang sangat kompleks. Sebagai misal kasus kehilangan penglihatan secara tiba-tiba.

Baca juga: Postingan Terakhir Ashraf Sinclair di Instagram Dibanjiri Doa


“Robot harus dapat berkomunikasi secara efektif dan beradaptasi dengan tantangan seperti itu,” kata peneliti utama, Souma Chowdhury yang juga menjabat sebagai asisten profesor teknik mesin dan kedirgantaraan dari School of Engineering and Applied Sciences.

Ssaat gamers bermain, para peneliti akan merekam semua keputusan, melacak pergerakan mata menggunakan kamera berkecepatan tinggi dan menonton aktivitas otak melalui electroencephalograms.

Setelah itu, akan digunakan untuk membangun algoritma kecerdasan buatan yang memandu perilaku robot udara dan darat. “Kami tidak ingin sistem AI hanya meniru perilaku manusia,” ujarnya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

4 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Razul Mad 03 March 2020 | 16:17:48

emang bisa gamers diajak bikin robot

Miskin aman 21 February 2020 | 03:55:50

wah bakalan sangat mengesankan banget

pejuang 20 February 2020 | 23:03:35

seharus nya para gamers sudah bisa membuat nya

oki puntoro 19 February 2020 | 14:50:45

emang bisa gamers diajak bikin robot

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id