icon-category Telco

Gandeng Angkasa Pura II, Telkomsel Perluas Layanan 5G di Bandara Soetta

  • 14 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    Direktur Utama Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu B. Sigit saat mencoba Virtual Reality (VR) yang merupakan salah satu show case Telkomsel 5G dalam acara penandatanganan nota kesepahaman antara Telkomsel dan PT Angkasa Pura II.

    Uzone.id – Telkomsel terus memperluas layanan Hyper 5G secara bertahap di Indonesia, termasuk di berbagai objek vital negara. Pada hari ini, Senin (14/3) Telkomsel berkolaborasi dengan PT Angkasa Pura II untuk perluasan layanan 5G ini di kawasan bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

    Kolaborasi antara Telkomsel dan Angkasa Pura II ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang bertempat langsung di Soetta, Tangerang.

    “Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi salah satu objek vital negara, terutama sebagai titik masuk dan keberangkatan bagi turis mancanegara hingga delegasi dari berbagai negara yang berkunjung ke Indonesia. Sehingga, fasilitas yang ditampilkan di bandara ini menjadi representasi Indonesia bagi dunia,” ungkap Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit dalam pernyataannya yang diterima Uzone.id, Senin (14/3).

    Ia melanjutkan, “kami menyambut baik keberlanjutan kolaborasi sebagai wujudnya nyata komitmen Telkomsel mendukung PT Angkasa Pura II sebagai pengelola bandara Soetta, membuka lebih banyak lagi pengalaman konektivitas digital dengan jaringan broadband yang dapat memperkuat transformasi digital operasional bandara, dan mendorong terciptanya inovasi layanan publik yang terintegrasi, serba digital dan modern.”

    Baca juga: Sambut MotoGP, Telkomsel Sediakan Kartu Prabayar Khusus Turis Mandalika

    Hadirnya teknologi jaringan telekomunikasi generasi kelima ini juga menjadi wujud nyata komitmen Telkomsel dan Angkasa Pura II dalam mendukung persiapan sejumlah kegiatan berskala internasional, seperti G20 di yang akan berlangsung di sejumlah wilayah di Indonesia.

    Melalui kolaborasi ini, Telkomsel berupaya untuk membuka kesempatan bagi seluruh delegasi dari peserta G20 maupun para penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk merasakan experience 5G yang dapat meningkatkan pengalaman aktivitas digital selama berada di area bandara.

    President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin berharap Telkomsel mampu menghadirkan digital experience terbaik bagi traveler.

    “Melalui kolaborasi AP II dan Telkomsel, Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara pertama di Indonesia yang menghadirkan akses 5G bagi traveler guna memberikan digital experience terbaik dan mendukung seamless journey experience, serta meningkatkan standar layanan di Bandara Soekarno-Hatta,” tutur Awaluddin.

    Penerapan jaringan Telkomsel 5G akan dilakukan secara bertahap di sejumlah area utama bandara Soekarno-Hatta ini.

    Pada tahap awal, beberapa kolaborasi berbasis teknologi 5G akan dikembangkan, antara lain layanan 5G Fixed Wireless Access, 5G Experience Corner, dan 5G Solution dari unit bisnis Telkomsel Enterprise untuk mendukung operasional Angkasa Pura II.

    Baca juga: Telkomsel Bikin Program Komunitas Kreator Konten Digital, Minat?

    Telkomsel juga akan menghadirkan pengalaman akses layanan 5G yang setara bagi seluruh penumpang dengan menghadirkan showcase Telkomsel Orbit 5G di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

    Dengan mengakses Telkomsel Orbit 5G, para penumpang yang belum memiliki perangkat maupun kartu yang mendukung jaringan 5G akan tetap bisa merasakan kecepatan konektivitas Telkomsel 5G secara maksimal.

    Sejak diluncurkan pada Mei 2021 lalu, layanan 5G Telkomsel juga telah beroperasi di Bandara Internasional Soekarno Hatta, terutama di area GraPARI Telkomsel yang ada di kawasan bandara.

    Penerapan infrastruktur teknologi jaringan 5G di lingkungan Soetta juga telah mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, terutama dalam pemanfaatan frekuensi jaringan telekomunikasi yang memenuhi standar keamanan dan keselamatan untuk operasional bandara dan penerbangan.

    “Telkomsel juga berharap kolaborasi ini dapat memperkuat sinergi BUMN yang sudah terjalin selama ini, terutama dalam memastikan roadmap digitalisasi layanan BUMN yang berkelanjutan melalui pemanfaatan teknologi terdepan, sekaligus mendorong pertumbuhan ekosistem layanan 5G yang inklusif dan merata di hingga pelosok negeri,” tutup Sigit.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini