icon-category Telco

Gandeng Kredivo, Telkomsel Jadi Operator Pertama yang Punya Paylater

  • 28 Nov 2022 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Selama ini layanan “bayar nanti” atau paylater yang ditawarkan mayoritas di platform e-commerce untuk berbelanja kebutuhan harian hingga produk dengan harga mahal seperti barang elektronik. Kini, paylater telah merambah ke layanan telekomunikasi.

Telkomsel berkolaborasi dengan Kredivo untuk menawarkan solusi buy now pay later (BNPL) untuk para pengguna prabayar Telkomsel yang dapat diakses di aplikasi MyTelkomsel. Dapat dibilang, kolaborasi ini menjadi yang pertama bagi perusahaan operator yang menyediakan layanan paylater.

Diberi nama ‘Telkomsel Paylater’, layanan ini terintegrasi dengan seluruh produk dan layanan digital Telkomsel, sehingga dapat diakses dimanapun dan kapanpun melalui Aplikasi MyTelkomsel.

“Melalui kolaborasi ini, kami menyasar orang-orang yang tergolong underbanked agar bisa mendapatkan akses ke layanan kredit seperti yang disajikan perbankan. Sejauh ini ada 19 juta underbanked orang di Indonesia, dan kami ingin berkontribusi untuk menjadi solusi mereka,” ungkap Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam saat konferensi pers di Telkom Landmark Tower, Jakarta, Senin (28/11).

Pada kesempatan yang sama, GM Kredivo Indonesia Lily Suryani mengatakan bahwa selama pandemi, penetrasi penggunaan layanan paylater semakin meningkat. Pada 2021, frekuensi pengguna paylater di kategori lebih dari 1 kali per bulan ada 23 persen. Angka ini meningkat menjadi 27 persen di 2022.

“Selain menargetkan orang-orang underbanked yang sudah memiliki pendapatan tetap, kami juga meyakini pengguna layanan paylater ini dapat bertanggung jawab dan memang siap menggunakannya,” ungkap Lily.

Ia melanjutkan, “penggunaan paylater nyatanya memang semakin beragam, tak hanya untuk membeli barang elektronik saja di e-commerce, tapi juga ke kebutuhan sehari-hari seperti pulsa dan voucher. Tren ini memang semakin tinggi sejak pandemi.”

Baca juga: Pasca Gempa Cianjur, Apa Kabar Jaringan XL, Telkomsel dan Indosat?

Menurut Lily, saat pandemi pertama kali melanda, masyarakat Indonesia kesulitan keluar rumah, sehingga kebutuhan sehari-hari harus dipenuhi secara online. Selain itu, pandemi juga membuat segelintir orang mengalami kendala finansial.

“Layanan paylater menjadi sangat berguna bagi mereka untuk membeli pulsa yang memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Di tahun 2020, penggunaan paylater untuk membeli pulsa 13,9 persen, sedangkan pada 2021 meningkat di angka 23,4 persen. Kerja sama dengan Telkomsel ini kami harap strategis dan dapat menjadi solusi pelanggan,” kata Lily.


Telkomsel PayLater memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi beragam produk dan layanan digital yang ada di MyTelkomsel, mulai dari pembelian pulsa dan paket data bagi pelanggan Telkomsel Prabayar, pembelian paket data internet Telkomsel Orbit, hingga pembelian paket data hiburan digital seperti Netflix dan Amazon Prime.

Untuk layanan BNPL ini, pelanggan akan mendapatkan keuntungan bunga nol persen ketika menunaikan pelunasan pembayaran dalam kurun waktu kurang dari 30 hari.

Kemudian, Telkomsel PayLater memberikan kemudahan proses pendaftaran hingga mekanisme transaksi melalui super app MyTelkomsel. Telkomsel PayLater diharapkan menjadi solusi layanan keuangan digital BNPL yang terjamin keamanannya karena didukung penuh oleh Kredivo yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selama periode promo hingga 31 Desember 2022, pelanggan baru Telkomsel Paylater bisa mendapatkan cashback 50 persen hingga 50 ribu Rupiah dalam bentuk pulsa.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini