home ×
Auto

Gandeng Nvidia, Mobil China Mulai Terapkan Kecerdasan Buatan

08 July 2020 By
Gandeng Nvidia, Mobil China Mulai Terapkan Kecerdasan Buatan
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Gak sekedar smartphone yang sekarang jamak mengandalkan kecerdasan buatan untuk memaksimalkan fitur-fiturnya, mobil pun mulai mengandalkan kecerdasan buatan.

Bisa kebayang gak bakal gimana mobil yang sudah ditanamkan micorchip AI (artificial intelligence)? Barangkali seperti film yang tenar di era 90an, si mobil pintar dan canggih KITT.

Adalah perusahaan start-up kendaraan listrik asal China, Xpeng Motors, yang baru-baru ini mengklaim sebagai produsen mobil pertama di dunia yang mengadopsi micorchip AI untuk teknologi otonom yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi asal AS, Nvidia.

BACA JUGA: Harga Sepeda Ferrari Ini Setara Suzuki XL7 Tipe Tertinggi

Mobil pertama yang ditanamkan AI adalah sedan listrik terbaru mereka P7, yang sudah mengaplikasikan teknologi Nvidia, DRIVE AGX Xavier, yang mengontrol fungsi mengemudi otonom.

"Xpeng membantu mengantarkan era baru transportasi dengan P7 yang mengandalkan teknologi AI," ujar Direktur Senior Nvidia yang mengepalai Divisi Otomotif, Danny Shapiro, dilansir Nikkei.

Langkah Xpeng Motors menjadi pionir AI untuk mobil karena didasari tuntutan lebih konsumen China yang ingin menikmati fungsi-fungsi dari teknologi terbaru.

Menurut seorang eksekutif lokal di perusahaan mobil Jepang, konsumen China menunjukkan minat yang kuat pada teknologi baru, termasuk fungsi self-driving dan konektivitas.

Apalagi, pemerintah China juga berkeinginan untuk mengembangkan teknologi AI untuk mobil, khususnya agar mobil bisa nyetir sendiri.
Saat ini, Beijing telah mengembangkan mobil dengan fungsi self-driving Level 3 dan berharap bisa mengkomersilkan mobil tersebut pada 2020.

Dari 5 tingkatan level self driving, level 3 sudah terbilang lumayan, karena mobil sudah semakin mandiri untuk mengoperasikan dirinya sendiri, meskipun di level ini, peran pengemudi masih dibutuhkan.

VIDEO Kia Seltos Test Drive, Sensasi Gokil Turbo & Kopling Ganda!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 08 July 2020 | 17:20:24

iya udah mau bersaing ini mobil cina

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article