home ×
Startup

Gara-gara Kebijakan Baru, WhatsApp Terjun Bebas, Aplikasi Turki BiP Naik Daun

25 January 2021 By
Gara-gara Kebijakan Baru, WhatsApp Terjun Bebas, Aplikasi Turki BiP Naik Daun
Share
Share
Share
Share

Photo by Benjamin Sow on Unsplash

 

Uzone.id - Di Indonesia, kebijakan baru WhatsApp yang memaksa pengguna berbagi data ke Facebook rupanya memberikan dampak yang cukup buruk. Google Playstore menempatkan Whatsapp di posisi 8 aplikasi popular dan paling banyak di download, sedangkan aplikasi pesan instan asal Turki melesat di posisi 3.

Memang sejak kebijakan baru Whatsapp mulai disosialisasikan, beredar pesan berantai yang menyarankan pengguna meng-uninstal Whatsapp dan menggantinya dengan BiP, sebuah aplikasi pesan instan yang didukung oleh perusahaan telekomunikasi Turki, Turkcell. Akibatnya, exodus dari WhatsApp ke BiP pun tak terbendung, walau tak semua beralih ke BiP.

Perhatian warga Indonesia yang beralih ke BiP bukan karena hal lain melainkan karena membawa embel-embel Turki dan Islam. Warga Indonesia memilih menggunakan aplikasi buatan Turki ini karena berasal dari negara Islam. Tidak heran jika kemudian Indonesia juga berkontribusi cukup besar dalam naiknya jumlah download BiP. Bahkan di kolom komentar PlayStore, banyak warga Indonesia yang menuliskan kritik dan sarannya.

Baca juga: WhatsApp Tunda Kebijakan Baru, Takut Ditinggal Pengguna

BiP, yang menyediakan lingkungan komunikasi yang aman dan menghibur bagi pengguna, diklaim telah diunduh lebih dari 10 juta kali secara global sejak WhatsApp mengubah kebijakan privasinya. Meski dibatalkan, namun BiP tetap didownload para pengguna, sampai sekarang memiliki lebih dari 65 juta unduhan.

Berkat langkah gegabah WhatsApp, BiP terus naik daun dan masuk dalam kategori aplikasi 'Most Popular Free' dan 'Trending' di toko aplikasi Google.

Fitur menarik yang ada di BiP Messenger termasuk di antaranya adalah voice dan video call sampai 10 orang.

Baca juga: Kita Pakai WhatsApp Seakan Gratis, Padahal Data Bayarannya

BiP juga memungkinkan pesan menghilang dari layar obrolan dalam jangka waktu yang ditentukan pengguna. Selain itu, obrolan dapat dibuat lebih berwarna dan lucu dengan mengirimkan stiker yang menyenangkan dan menghibur yang dirancang khusus untuk pengguna BiP.

Semua komunikasi antara perangkat seluler pengguna dan server dienkripsi dan dikirim dengan aman.

Sementara itu, BiP Translator memungkinkan seseorang untuk menerjemahkan kata-kata tertulis dan verbal, dan frasa dari bahasa apa pun, ke bahasa yang diinginkan pengguna.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article