home ×
Technology

Gara-gara Oppo cs, Samsung Kapok Bikin Ponsel di China

04 October 2019 By
Gara-gara Oppo cs, Samsung Kapok Bikin Ponsel di China
Share
Share
Share
Share

(Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Uzone.id -- Perusahaan teknologi Samsung memutuskan untuk angkat kaki dari China. Bukan penjualan produk, tapi produksi ponsel pintarnya.

Selama ini Samsung memiliki tim produksi perangkat mobile yang lokasinya di China. Makin ke sini, persaingan ponsel pintar di Negeri Panda semakin sengit, terutama ditandai oleh kehadiran para pesaing kuatnya seperti Oppo, Xiaomi, Huawei, hingga Vivo.

Mengutip kantor berita Reuters, Samsung selama ini telah berupaya menjaga pangsa pasarnya di China. Namun memang persaingan dengan produk asal China terlampau ketat.

Baca juga: Kemungkinan iPhone Tak Lagi 'Made in China'

Gara-gara ini, Samsung mengonfirmasi bahwa penjualan produk di China tetap berjalan, namun produksi ponsel di pabriknya di China resmi diberhentikan.

Lantas, negara mana yang menjadi tujuan Samsung berikutnya?

Dari kabar yang beredar, Samsung saat ini sedang melirik India dan Vietnam yang diharapkan dapat menekan biaya produksi lebih murah ketimbang proses manufaktur di China.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Galaxy Tab S6

Sebelumnya, perusahaan teknologi Apple juga sempat mempertimbangkan untuk memindahkan produksi 15 sampai 30 persen iPhone ke luar China. Perusahaan pimpinan Tim Cook itu juga telah menanyakan pemasok utama untuk menghitung berapa besaran biaya jika terjadi perpindahan produksi pada Juni kemarin.

Dari laporan situs Nikkei, pihak China sebelumnya memang sudah mengatakan akan balas dendam dengan menaikkan tarif sebanyak 25 persen bagi barang-barang asal AS yang diimpor dari China. Balas dendam China ini memang merupakan lanjutan dari keputusan Donald Trump yang mencoret Huawei dari daftar perusahaan yang boleh menjalin bisnis dengan perusahaan AS.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id