home ×
Travel

Garuda-Citilink Hilang dari Traveloka, Ini Komentar OTA Lain

25 October 2016 By
Garuda-Citilink Hilang dari Traveloka, Ini Komentar OTA Lain
Share
Share
Share
Share


Beberapa minggu belakangan ini, netizen dikejutkan dengan menghilangnya layanan maskapai Garuda dan Citilink di salah satu Online Travel Agent (OTA). Menyikapi hal itu Chief Communication Officer dan Co-Founder tiket.com, Gaery Undarsa tak mau ikut berkomentar.

Menurut Gaery untuk mencegah permasalahan serupa terjadi kembali, harus terjalin kerjasama yang baik antara maskapai dengan OTA. Kedua belah pihak mempunyai ketergantungan satu sama lain, sehingga tidak boleh ada kesalahpahaman di dalamnya.

"Tiket.com nggak ada ikut-ikutan dan nggak tahu apa-apa karena menurut saya travel agent hidup dari supplier yaitu maskapai. Harus ada hubungan baik dan nggak mau cari ribut. Kalau mereka ada butuh apa kita support," terang Gaery yang dijumpai di kawasan Thamrin Jakarta Pusat, Senin, 24 Oktober 2016.

Dari situ, Gaery menilai ada pelajaran yang didapatkan sebagai pelaku industri online travel agent. Salah satunya untuk tidak ingin menang sendiri terhadap pengambilan keputusan dalam sebuah kerjasama.

Selain itu, ia juga berpesan agar tidak terjebak pada euforia kemajuan era dunia digital yang makin menunjukkan peran besarnya saat ini.

"Semua bilang oooh masa depannya online, nah yang bagus jangan terpengaruh. Tren pasti berjalan tinggal me-manage expectation saja. Kita sama-sama butuh kok saling ambil benefit-nya saja," imbuhnya.

Ke depan ia berharap, kerjasama antar maskapai dengan online travel agent dapat terjalin semakin baik. Selama ini, pihaknya mengaku tak mengambil keuntungan dari harga yang diberikan sebuah maskapai. Sehingga harga yang ditawarkan ke pelanggan, adalah harga langsung dari maskapai tersebut.

"Harga yang kita dapat dari airlines nggak kita tambahin apapun. Kita lempar ke customer. Untuk keuntungan kita bagaimana ya kalo dari penjualan bagus langsung dari airlines itu berapa persen intensifnya dikasih ke kita. Nggak seberapa tapi secara volume rupiah tinggi," tutupnya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id