home ×
Auto

Gegara NFC, Kunci Mobil Bisa Diganti Pakai Smartphone

21 November 2019 By
Gegara NFC, Kunci Mobil Bisa Diganti Pakai Smartphone
Share
Share
Share
Share

Foto: Press BMW Grup

Uzone.id - Pantesan ya anak-anak gadget sering banget nanya tiap ada hape baru, "Itu ada NFC-nya gak?" ternyata fungsinya buanyak, selain sekedar buat bayar-bayar online.

Kedepannya, NFC bahkan bisa digunakan sebagai kunci mobil, jadi buat buka dan mengunci, bahkan barangkali mengaktifkan immobilizer dan menyalakan mesin, cukup pakai smartphone yang punya fitur NFC!

Organisasi pengembangan teknologi konektivitas mobil yang dipimpin BMW Group, Car Connectivity Consortium (CCC), sedang mengembangkan generasi kunci digital versi 2.0 yang nantinya bisa diaplikasikan untuk semua mobil.

VIDEO 3 Kelemahan Renault Triber yang wajib dipertimbangkan:

Salah satu teknologi yang akan disematkan pada kunci digital 2.0 yaitu Near Field Communication (NFC).

Lebih detail, NFC merupakan fitur yang mendukung komunikasi nirkabel jarak dekat, misalnya untuk pembayaran cashless atau mengecek saldo e-Toll.

Dengan NFC, justru tingkat keamanan sebuah mobil bakal meningkat. Selain itu, karena punya chip yang terpisah dari sistem operasi smartphone, jadi kalau hapenya mati pun, fitur NFC ini masih bisa berfungsi.

Diungkapkan Kepala Pengembangan Sistem Akses Digital BMW Group, Dr Olaf Müller, standarisasi teknologi kunci digital yang seragam diperlukan untuk mengubah visi akses kendaraan digital menjadi kenyataan.

"Karenanya, fungsi teknologi ini harus tersedia di berbagai perangkat, seperti ponsel dengan beragam merek, juga beragam merek kendaraan," ujarnya seperti dilansir BMW Grup.

Di mobil BMW sendiri, teknologi ini sudah diaplikasikan lewat fitur BMW Connected, yang berfungsi membuka pintu mobil, menyalakan mesin, dan membagikan akses kendaraan ke orang lain.

VIDEO Review dan Nyoba Motor Listrik Lokal, Gesits:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id