home ×
Digilife

Gelombang 11 Dinantikan, Kartu Prakerja Peringatkan Soal Penipuan Online

12 October 2020 By
Gelombang 11 Dinantikan, Kartu Prakerja Peringatkan Soal Penipuan Online
Share
Share
Share
Share

Uzone.id -- Program Kartu Prakerja yang digagas pemerintah beserta deretan mitra layanan pembelajaran masih menjadi wadah yang diincar masyarakat demi meningkatkan keterampilan khususnya di masa pandemi. Setelah gelombang 10 ditutup, kini banyak yang menantikan gelombang 11.

Meski belum bisa diketahui kapan pastinya gelombang 11 akan dibuka oleh Komite Kartu Prakerja, akun Instagram @prakerja.go.id memperingatkan warga internet agar tetap mengakses situs resmi mereka, prakerja.go.id untuk mendapatkan informasi yang paling akurat.

Imbauan ini sekaligus sebagai bentuk peringatan agar netizen tetap waspada terhadap penipuan online yang mengatasnamakan Kartu Prakerja.

Baca juga: Di Tengah Keluhan Sulit Lolos Kartu Prakerja, Peserta Ini Malah Jual Akunnya

“Sobat Prakerja, mohon waspada terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Kartu Parakerja. Alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id,” tulis akun Instagram @prakerja.go.id di kolom caption dari postingan yang diunggahnya pada Minggu (11/10).

Tak cuma itu, pihak Kartu Prakerja turut mengingatkan para netizen agar tidak sembarangan memberikan data pribadi ke pihak asing atau tidak bertanggung jawab.

“Pastikan Sobat tidak memberikan data pribadi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, jangan percaya bila Sobat menerima email yang tidak menggunakan domain email resmi Kartu Prakerja. Bila Sobat menemukan informasi mencurigakan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja, silakan laporkan melalui nomor layanan masyarakat Kartu Prakerja berikut ini: 0800-150-3001 (bebas pulsa),” sambung tulisan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Sobat Prakerja, mohon waspada terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja. ㅤㅤ Alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id ㅤㅤ Pastikan Sobat tidak memberikan data pribadi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab. ㅤㅤ Jadi, pastikan Sobat hanya mengunjungi situs Kartu Prakerja yang resmi, ya! ㅤㅤ Selain itu, jangan percaya bila Sobat menerima email yang tidak menggunakan domain email resmi Kartu Prakerja. Domain email resmi Kartu Prakerja hanya prakerja.go.id ㅤㅤ Bila Sobat menemukan informasi mencurigakan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja, silakan laporkan melalui nomor layanan masyarakat Kartu Prakerja berikut ini: ㅤㅤ ☎️ 0800-150-3001 (bebas pulsa) ㅤㅤ #SiapDariSekarang

A post shared by Kartu Prakerja (@prakerja.go.id) on

Seperti yang sudah diberitakan, elombang 10 ditutup pada 29 September 2020. Masyarakat kini tengah menantikan informasi mengenai pendaftaran gelombang 11 Kartu Prakerja ini.

Sembari menunggu, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan jika kalian berminat untuk mendaftarkan diri.

Pastikan kalian telah memenuhi syarat berdasarkan Peraturan Presiden nomor 76 tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja, yaitu merupakan WNI.

Baca juga: Siapa Mitra Pijar Mahir yang Bikin Pintar Pengguna Kartu Prakerja?

Selain itu harus berusia paling rendah 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Program Prakerja juga dibuka untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK atau dirumahkan.

Sementara untuk langkah pendaftarannya, berikut rinciannya:

  1. Masuk ke situs pendaftaran di https://www.prakerja.go.id
  2. Masukkan nama lengkap, email yang masih aktif dan kata sandi baru
  3. Cek email dari Panitia Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun email
  4. Setelah konfirmasi akun email berhasil, kembali ke situs prakerja.go.id

Setelah berhasil membuat akun, ini tahapan mendaftar program Kartu Prakerja:

  1. Login akun yang sudah didaftar tadi, Klik Daftar Kartu Prakerja
  2. Isi formulir pendaftaran (nama, e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP dan foto selfie dengan KTP)
  3. Klik Selanjutnya
  4. Masukkan nomor telepon yang masih aktif dan kode OTP yang dikirim melalui SMS
  5. Lakukan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Jangan lupa siapkan alat tulis/kerja jika diperlukan
  6. Tunggu email pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes
  7. Setelah mendapat email pemberitahuan, kembali ke situs dan gabung ke gelombang pendaftaran.

Diketahui calon peserta harus lolos beberapa lapisan verifikasi data, seperti verifikasi email, nomor ponsel, NIK, usia, riwayat pendidikan, sampai fase facial recognition (pengenalan wajah) melalui foto selfie yang telah dilakukan masing-masing peserta.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article