icon-category Auto

GIIAS 2022: BMW Luncurkan EV Mewah iX dan i4, Harga di Atas Rp2 M

  • 12 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    BMW iX (kiri) dan i4 (Foto: BMW)

    Uzone.id - BMW Indonesia telah menghadirkan teknologi dan inovasi kendaraan listrik di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2022) yang menempati BMW Group Pavilion di ICE BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten.

    BMW meluncurkan dua model mobil listriknya berbasis Battery Electric Vehicle (BEV), yakni Sport Activity Vehicle BMW iX dan Gran Coupe BMW i4. 

    Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, mengatakan bahwa saat ini, BMW Group Indonesia telah memiliki rangkaian kendaraan listrik lengkap baik untuk BMW maupun MINI.

    "Hadirnya BMW iX dan BMW i4 di Indonesia akan hadirkan tolak ukur baru dari sebuah kendaraan listrik mewah," kata Ramesh.

    BMW iX didasari pada perangkat masa depan yang mencakup berbagai bidang pengembangan - arsitektur jaringan on-board, perangkat lunak dan layanan digital.

    BACA JUGA: GIIAS 2022: Dua Mobil Suzuki untuk Anak Muda, Diluncurkan Sekaligus!

    Hasilnya sangat terlihat pada sistem kontrol/operasi iDrive generasi terbaru, manajemen energi yang sangat efisien, dan berbagai sistem bantuan pengemudi yang inovatif.

    Varian model yang diluncurkan di Indonesia adalah BMW iX xDrive40, memiliki output lebih dari 326 hp, memungkinkannya untuk mencapai kecepatan dari 0 hingga 100 km/jam dalam 6,1 detik.

    Penggunaan bahan daur ulang

    BMW Group mendapatkan kobalt dan lithium yang dibutuhkan untuk baterai tegangan tinggi dari sumber yang terpercaya di Australia dan Maroko, sebelum memasoknya ke produsen sel baterai.

    Seperti dalam produksi kendaraan secara keseluruhan di BMW Group Plant Dingolfing, sel baterai diproduksi menggunakan tenaga hijau eksklusif dari sumber bersertifikat.

    Sejak Februari 2021, perusahaan telah membeli aluminium yang diproduksi menggunakan listrik dari pembangkit energi surya.

    Pentingnya konservasi sumber daya dalam produksi BMW iX diperjelas dengan tingginya proporsi aluminium sekunder dan plastik daur ulang yang digunakan. Interior kendaraan menggunakan kayu bersertifikat Forest Stewardship Council (FSC), dan bahan alami lainnya.

    Di antara bahan baku yang digunakan untuk floor cover dan mat adalah daur ulang jaring ikan.

    Selain itu, motor listrik untuk BMW iX hadir dengan desain yang memungkinkan menghindari penggunaan bahan langka. Mereka bekerja sesuai dengan prinsip motor sinkron eksitasi arus.

    Eksitasi rotor di motor BMW iX tidak diinduksi oleh magnet permanen tetap, tetapi melalui energi listrik. Ini menghilangkan kebutuhan akan bahan penting yang digunakan untuk memproduksi magnet, oleh karena itu BMW Group tidak bergantung pada ketersediaannya.

    Sistem penggerak dan teknologi baterai

    Motor listrik, elektronika daya, dan teknologi pengisian daya untuk BMW iX, baterai tegangan tinggi juga merupakan produk dari teknologi BMW eDrive generasi kelima.

    Kepadatan energi gravimetri baterai lithium-ion telah meningkat sekitar 20 persen dibandingkan baterai generasi sebelumnya.

    Unit baterai BMW iX xDrive40 memiliki kandungan energi (gross) lebih dari 70 kWh hasilkan jangkauan yang dihitung WLTP hingga 420 kilometer.

    Teknologi pengisian daya yang baru pada BMW iX memungkinkan pengisian cepat DC (arus searah) dengan daya pengisian yang sangat tinggi.

    BMW iX xDrive40 dapat mengisi ulang baterai tegangan tinggi hingga 200 kW. Hal ini berarti mengisi daya selama 10 menit dapat menyediakan energi yang cukup untuk menambah jangkauan lebih dari 90 km. Pengisian daya baterai tegangan tinggi dapat ditingkatkan dari 0-80 persen dalam waktu kurang dari 34 menit.

    BMW iX xDrive40 di Indonesia dipasarkan Rp2.504.000.000 (off-the-road)

    BACA JUGA: GIIAS 2022: Bintang Baru Keluarga Resmi Diluncurkan, Hyundai Stargazer

    Gran Coupe BMW i4

    BMW i4 membawa teknologi BMW eDrive generasi kelima, BMW iDrive baru dan banyak pilihan sistem bantuan pengemudi.

    BMW i4 tersedia dalam satu varian model di Indonesia, yakni BMW i4 eDrive40 (kombinasi konsumsi daya listrik: 19,9 kWh/ 100 km sesuai WLTP, emisi CO2: 0 g/km) menggabungkan motor listrik 340 hp bekerja sama dengan penggerak roda belakang klasik.

    BMW i4 eDrive40 dapat mencapai 0-100 km/jam dalam 5,7 detik dan mencatat jangkauan yang dihitung WLTP hingga 580 kilometer.

    BMW i4 menggabungkan ciri khas sportivitas dari coupE BMW dengan kenyamanan kendaraan empat pintu dan fungsionalitas modern. Tailgate terbuka lebar untuk memperlihatkan kompartemen bagasi dengan kapasitas 470 – 1.290 liter.

    Di interior, fitur dominan kabin adalah kokpit yang berfokus pada pengemudi, suasana premium yang mewah, dan ruang kabin berukuran besar.

    Fitur Driving Assistant Professional termasuk Lane Departure Warning, Lane Change Warning, Front Collision Warning with Brake Intervention, Crossing Traffic Warning Rear, dan Rear Collision Prevention juga turut hadir untuk memudahkan pada saat sebelum dan saat perjalanan.

    BMW i4 eDrive40 di Indonesia dipasarkan Rp2.241.000.000 (off-the-road).

    Update harga terbaru yang disampaikan BMW Indonesia per tanggal 12 Agustus 2022:

    • BMW iX xDrive40 Sport: Rp 2.267.000.000
    • BMW i4 eDrive40 M Sport: Rp 1.997.000.000

    Harga tersebut merupakan harga off-the-road.

    Cek berita dan artikel yang lain di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini