icon-category Auto

GIIAS 2022: Sudah Bisa Dipesan, Kia Niro EV Dibanderol Rp800 Jutaan

  • 18 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Kia Niro EV (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - PT Kreta Indo Artha (KIA) telah memperkenalkan dua kendaraan full electric di ajang GIIAS 2022, yakni Niro EV dan EV6.

    Niro EV sendiri dibangun dari basis yang sama dengan saudaranya, Hyundai Kona. Sedangkan EV6 mengambil basis yang sama dengan Hyundai Ioniq 5.  

    Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head PT KIA, telah mengumumkan jika Kia Niro EV sudah bisa dipesan oleh konsumen Indonesia.

    Menurut Ario, KIA bahkan sudah mengantongi 60 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk Niro EV dan EV6, terhitung hingga hari Minggu (14/8).

    “Jadi kita sudah kasih kisaran harga kepada konsumen yang sangat menginginkan dan mereka mengisi SPK. Tapi kita kasih harga belum fix, (harga) masih kisaran,” tutur Ario di Garuda Room ICE BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (16/8/2022).

    Kemudian, Ario memberikan estimasi harga Niro EV di kisaran Rp800 jutaan. Untuk peluncuran resmi di Indonesia, Niro EV akan hadir di quartal I 2023. 

    Nah, eksterior Niro EV mendapatkan pengaruh dari mobil konsep HabaNiro 2019 dengan nilai koefisien drag (Cd) hanya 0,29.

    Terdapat lampu DRL yang unik mengapit grille ‘Tiger Nose’, yang telah berevolusi sesuai identitas merek Kia terbaru.

    Pada lampu belakang LED berbentuk bumerang tampak menonjol dengan desain ringkas dan aerodinamis. Pada bumper bawah terdapat skid plate yang tampak kokoh menyempurnakan sosok SUV-nya.

    FOTO: RORI Touring Parade Kemerdekaan di HUT Ke-77 RI

    Tampilan menarik hadir di bagian sisi mobil dimana terdapat Aero Blade yang tak hanya mempertegas kesan aerodinamis pada mobil ini, namun membantu mengarahkan angin ke bagian bawah bodi.

    Aero Blade ini dapat dicat sesuai dengan warna bodinya atau warna kontras variasi lainnya. Untuk dashboard didesain melengkung dengan garis horizontal dan diagonal berlawanan.

    Niro juga mendapat sunroof, layar head unit 8 inci di bagian tengah dashboard yang terkoneksi ke Bluetooth dan perintah suara, termasuk Apple CarPlay dan Android Auto. Untuk panel instrument mendapat layar LED digital 10,25 inci.

    Ambient light hadir dengan banyak kombinasi warna bisa . Untuk kursi depan terdapat ventilasi dengan pengaturan posisi elektrik dan memori posisi.

    BACA JUGA: GIIAS 2022: Apa Saja Fitur Canggih Kia Carens?

    Sebagai jantung penggeraknya, Kia Niro EV mengusung motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) di roda depan yang menghasilkan tenaga puncak 203PS dan torsi maksimal 255 Nm.

    Baterai yang digunakannya memiliki kapasitas hingga 64,8kWh. Kia Niro EV diklaim mampu menempuh jarak total hingga 463 km (WLTP cycle).

    Kia Niro EV juga memiliki kemampuan V2L sebesar 3,6 kW atau 3.600 watt. Itu sama dengan kemampuan pada Ioniq 5.

    Kia Niro EV telah dilengkapi dengan 8 airbag serta fitur ADAS, termasuk Smart Cruise Control (SCC), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Manual Speed Limit Assist (MSLA), serta Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang dapat mendeteksi mobil, pejalan kaki, pesepeda dan persimpangan.

    Di balik lingkar kemudi terdapat paddle shift yang berfungsi sebagai i-Pedal dan pengaturan level pengereman regenerative.

    VIDEO: Suzuki Baleno, Fitur Melimpah Harga Masih Murah!

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini