home ×
Technology

Giliran Mark Zuckerberg yang Ditinggal Eksekutif Kepercayaannya

07 February 2019 By
Giliran Mark Zuckerberg yang Ditinggal Eksekutif Kepercayaannya
Share
Share
Share
Share
(Foto: Recode)
 
Uzone.id — Baru kemarin Apple mengumumkan salah satu petinggi di bidang ritelnya mengundurkan diri, kini giliran Facebook yang siap ditinggal bos eksekutif di bidang public relations (PR).
 
Eksekutif PR Facebook Caryn Marooney memutuskan angkat kaki dari raksasa teknologi itu setelah mengabdi selama delapan tahun. Padahal dia adalah orang kepercayaan dan eksekutif PR terdekat dengan sang CEO, Mark Zuckerberg.
 
Hal ini dianggap sebagai cobaan besar bagi Facebook, karena perusahaan membutuhkan orang yang punya pengalaman strategi komunikasi mumpuni, khususnya di masa-masa sekarang.
 
Kita semua tahu, sejak 2018 Facebook menghadapi kritik pedas dan berbagai rintangan lain terkait layanannya. Kamu tentu masih ingat ‘kan, tahun lalu Facebook bagai kesambar gledek ketika ketahuan membocorkan puluhan juta data penggunanya ke pihak ketiga yang mengurud kampanye kepresidenan Donald Trump di 2016.
 
Belum lagi kontroversi soal privasi, peretasan, dan lain sebagainya yang masih dinilai sebagai rapor merah bagi Facebook.
 
Mengutip Recode, selama Marooney bekerja di perusahaan dia sangat berpengaruh bagi pengembangan produk krusial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook Messenger, serta teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). 
 
Marooney bahkan sebelumnya bekerja sebagai konsultan eksternal bagi Facebook selama tiga tahun sebelum akhirnya dia direkrut oleh Zuckerberg ke dalam timnya.
 
 
Marooney akan tetap bekerja di Facebook sampai perusahaan menemukan penggantinya. 
 
“Sejak kita sebagai startup sampai sebesar sekarang, Caryn [Marooney] telah menjadi sosok pemimpin bijak, konsisten, dan cerdas. Saya dan Mark [Zuckerberg] sangat bersyukur atas apa yang telah dia dedikasikan selama ini di Facebook,” ucap COO Facebook Sheryl Sandberg.
 
Ini bukan pengunduran diri pertama yang dianggap mengejutkan dari Facebook. Sebelumnya, pimpinan kebijakan dan komunikasi Elliot Schrage angkat kaki pada 2018 dan digantikan oleh Nick Clegg yang dulunya adalah wakil perdana menteri Inggris.
 
Ada juga eksekutif komunikasi Rachel Whetstone yang resign dan kini singgah di Netflix. Serta eksekutif PR Debbie Frost yang memimpin komunikasi global dan relasi publik juga mengundurkan diri beberapa pekan lalu.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id