icon-category Digilife

Gojek Akan Patuh Kalau Driver Online Dilarang Angkut Penumpang

  • 07 Apr 2020 WIB
  • Bagikan :

    Foto: Unsplash

    Uzone.id - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sudah membuat Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dalam  Rangka Penanganan Virus Corona (Covid-19).

    Menurut Terawan kepada media, daerah yang sudah mengajukan PSBB saat ini adalah Jakarta, Fakfak, Timika dan Tegal. 

    Jadi, untuk penerapan PSBB ini harus menunggu perintah dari Menteri Kesehatan.

    Jika PSBB diberlakukan, ada aturan di mana driver online tidak boleh angkut penumpang untuk memutus rantai penyebaran virus Corona. Jadi, driver online cuma bisa angkut barang saja.

    Sesuai dengan pasal 13 Ayat 10 dalam Pedoman PSBB, Poin D tentang Pelaksanaan PSBB, yang berbunyi, "Perusahaan Komersil atau Swasta i) Layanan ekspedisi barang, termasuk sarana angkutan roda dua berbasis aplikasi dengan batasan hanya untuk mengangkut barang dan tidak untuk penumpang."

    Baca juga: Komentar Grab Soal Ojol Gak Boleh Angkut Penumpang

    Gojek Indonesia saat diminta komentarnya mengenai PSBB, pihaknya akan patuh setiap regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk melindungi masyarakat dari dampak virus Corona (Covid-19).

    "Pada prinsipnya, kami selalu berupaya untuk mematuhi regulasi-regulasi yang dikeluarkan pemerintah untuk melindungi masyarakat dari dampak Covid-19. Saat ini kami sedang mengkaji dan berdiskusi lebih lanjut bersama dengan pemerintah terkait implementasi peraturan ini," terang Nila Marita, Chief of Corporate, Gojek Indonesia, kepada Uzone.id, Senin malam (6/4/2020).

    Dia menambahkan, Gojek Indonesia sampai sekarang sudah melakukan berbagai upaya untuk membantu para mitra tetap dapat beroperasi dan menjalankan tugasnya dengan aman di tengah pandemi Covid-19.

    "Kami telah mengimpor 5 juta masker untuk didistribusikan kepada mitra driver dan tenaga medis di Indonesia," ungkapnya.

    Inisiatif ini, imbuh Nila, memperkuat upaya yang telah dilakukan Gojek Indonesia untuk menekan penyebaran Covid-19 dan memastikan keamanan dan kesehatan seluruh ekosistem Gojek, yakni penyediaan masker, hand sanitizer, vitamin dan desinfektan; penyediaan Kartu Penanda Suhu Tubuh di merchant GoFood; dan fitur Contactless Delivery untuk Perlindungan Mitra Driver.

     

    VIDEO Oppo Reno3 Review di Rumah Aja

     

    Tags : gojek psbb 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini