icon-category Digilife

Google Bakal Rilis Pembaruan Android, Ada Fitur Ubah Password yang Diretas

  • 25 Feb 2021 WIB
Bagikan :

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Google baru saja mengumumkan akan menggulirkan pembaruan untuk enam aplikasi di Android. Pembaruan ini bakal menambahkan fitur baru. Password Manager dari Google juga mendapatkannya.

Seperti dikutip Uzone.id dari CNET, jika kalian menggunakan Password Manager dari Google untuk mengisi otomatis username dan password pada aplikasi-aplikasi Android atau lewat Chrome, pembaruan ini cocok untuk kalian.

Kini, Google akan memeriksa semua kredensial login kalian untuk melihat apakah username dan password telah bocor atau diretas. Jika menemukan informasi terbaru, Google akan memberitahu kalian untuk mengubah password.

Baca juga: Hampir 200 Juta Orang Indonesia Online Pakai Ponsel, Kebanyakan Akses Sosmed

Password Checkup ini baru diluncurkan ke perangkat dengan OS Android 9 atau yang lebih tinggi. Kalian dapat megecek apakah kalian telah menggunakan Autofill Service dari Google dengan membuka Settings > System > Languages & Input > Advanced dan pilih Autofill Service.

Jika tidak dapat menemukan langkah-langkah tersebut—karena setiap ponsel Android berbeda-beda—kalian bisa menggunakan search tool di Setting dengan kata kunci Autofill. Setelah itu masuk ke Autofill Service > pilih Google.

Perlu diingat, ini adalah pembaruan berkelanjutan. Artinya, kalian mungkin tidak dapat langsung mengaksesnya. CNET sendiri menyarankan para pengguna Android untuk terus memeriksa Play Store untuk pembaruan.

VIDEO: Unboxing Redmi 9T Seharga Rp2,39 Juta

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini