home ×
Startup

Google dan Temasek Diisukan Berinvestasi di Tokopedia, Nilainya Rp5 Triliun

26 October 2020 By
Google dan Temasek Diisukan Berinvestasi di Tokopedia, Nilainya Rp5 Triliun
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Dok. Tokopedia)

Uzone.id - Google dan Temasek Holdings Pte telah sepakat untuk berinvestasi di Tokopedia. Seperti dikutip Uzone.id dari Bloomberg, investasi tersebut senilai USD350 juta (setara Rp5 triliun).

Penanaman investasi oleh perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) dan perusahaan investasi asal Singapura ini disebut-sebut menjadi pemasukan dana tunai utama bagi Tokopedia pascapandemi virus corona (Covid-19).

Baca juga: Sebelum Berhenti Beroperasi di Indonesia, Zomato Sudah PHK Karyawan

Perusahaan yang menaungi Google, yaitu Alphabet Inc. dan Temasek Holdings Pte kemungkinan menandatangani perjanjian untuk pendanaan segera. Kata narasumber yang tidak ingin disebutkan namanya menyatakan bahwa kesepakatan belum secara resmi disimpulkan.

Nilai pendanaan tersebut dilaporkan kurang dari target awal senilai USD500 juta (sekitar Rp7 triliun) hingga USD1 miliar (sekitar Rp14,6 triliun) seperti yang dilaporkan Bloomberg News pada Juli 2020. Meski demikian, Tokopedia mungkin masih mencari lebih banyak investor.

Tokopedia, online marketplace yang didukung oleh SoftBank Group Corp., dikatakan telah mengadakan pembicaraan dengan raksasa internet AS, termasuk Facebook Inc., Microsoft Corp. dan Amazon.com Inc.

Baca juga: Dana Perbarui Standar Keamanan Bersertifikasi Internasional

Dukungan Google dan Temasek merupakan salah satu bentuk kepercayaan terhadap Tokopedia, salah satu e-commerce terbesar di Indonesia yang mengalami peningkatan penggunaan selama pandemi.

Sementara itu, perusahaan-perusahaan teknologi asal AS semakin melihat ke arah Asia, karena pertumbuhan di AS dan Eropa melambat. Sebelum sepakat menanam investasi di Tokopedia, Google telah menjadi investor di Gojek.

VIDEO: Dere R9 Pro Review, Harga Murah Tapi Beneran Pro?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article