icon-category Digilife

Google Docs Tumbang, Kominfo: Ada Masalah Teknis

Uzone.id - Akses ke sejumlah layanan dokumen online milik Google, seperti Docs, Sheets, hingga Form, telah dipulihkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Sebelumnya, netizen mengeluhkan platform dokumen online tersebut tak bisa diakses sejak Kamis malam (21/9).

“Sudah dipulihkan,” ucap Usman Kansong, selaku Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo), melalui pesan singkat kepada Uzone.id, Jumat (22/9).

Ia mengatakan, akses terhadap Google Docs dll yang sempat terganggu disebabkan kesalahan teknis, bukan karena masuk ke daftar pemblokiran Kementerian Kominfo. 

“Karena problem teknis semata,” sambungnya.

Sebelumnya, beberapa netizen sempat menduga kalau Google Docs cs telah diblokir pemerintah Indonesia. Seperti tangkapan layar yang dibagikan oleh akun @irfan3 di X.

Did Indo govt just blocked google docs?” katanya, sambil menampilkan screenshot bahwa Google Docs masuk ke daftar pemblokiran Trust Positif Kominfo.

Beberapa pengguna lain pun mengatakan bahwa Google Docs, Sheets, dan Form sempat tak bisa diakses jika menggunakan jaringan internet dari IndiHome, Telkomsel, IM3, sampai XL Axiata. 

Namun dari pantauan Uzone.id pukul 09.00 WIB, Google Docs sudah bisa diakses dengan tanpa adanya notifikasi pemblokiran seperti ramai dibicarakan di media sosial. Kami tak menggunakan VPN atau trik lain untuk mengaksesnya.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini