Digilife

Google Doodle Hari Ini Kenang Pelukis Pak Tino Sidin

  • 25 November 2020
  • Bagikan :

    Uzone.id -- Kreasi Google melalui gambar animasi yang dipampang di laman utamanya, alias Google Doodle kerap mengingatkan kita sebagai pengguna internet terhadap berbagai peringatan, hari penting, hingga sosok yang mungkin luput dari perhatian. Hari ini, Google Doodle memperingati hari lahir Tino Sidin.

    Animasi Google Doodle hari ini memperlihatkan animasi seorang pria yang mengenakan kemeja dan topi baret warna biru. Animasi pria itu tidak sendirian, dia ditemani oleh anak-anak yang sedang menggambar. Sembari melihat ke arah gambar, pria itu berkata, “bagus!”

    Itulah animasi Google Doodle untuk menggambarkan sosok Tino Sidin.

    Baca juga: Dukung UMKM Lokal, Google Kucurkan Dana Rp140 M untuk Pinjaman Modal

    Bagi yang belum pernah mendengar namanya, Tino Sidin dikenal sebagai pelukis dan guru gambar. Dia dikenal publik berkat program acaranya yang bernama ‘Gemar Menggambar’ di stasiun TVRI era 1980-an. Acara ini ditayangkan setiap hari Minggu sore.

    Memiliki sapaan akrab “Pak Tino”, pria kelahiran Kota Tebing Tinggi, Sumatra Utara, 25 November 1925 ini memulai kariernya di dunia seni sebagai guru gambar di Yogyakarta.

    Setelah ia tampil di acara TVRI, Pak Tino begitu legendaris melalui cara mengajarnya kepada anak-anak soal menggambar. Dia selalu mengatakan kalau menggambar itu mudah dan berisi aktivitas yang memadukan garis-garis lurus dan garis-garis lengkung.

    Baca juga: Deretan Animasi Google Doodle untuk Apresiasi Pejuang Pandemi

    Setiap akhir acara, Pak Tino selalu menunjukan gambar-gambar yang dikirim oleh para penonton dan dia akan berkomentar yang begitu ikonis, “bagus!”.

    Tino Sidin tutup usia pada 29 Desember 1995 di Jakarta. Usianya kala itu 70 tahun.

    Untuk mengenangnya, nama Pak Tino diabadikan sebagai nama Museum Taman Tino Sidin yang didirikan pada 2017 di kediamannya di Yogyakarta.