Digilife

Google Doodle Rayakan Hari Guru Nasional

  • 25 November 2021
  • Bagikan :
    Google Doodle Rayakan Hari Guru Nasional

    Uzone.id -- Ada perayaan penting yang dirayakan pada hari ini, Kamis, 25 November 2021, yaitu Hari Guru Nasional. Seperti biasa, di era digital seperti ini biasanya orang akan lebih aware dengan apa yang disajikan di laman Google, maka hadirlah karya Doodle untuk memperingatinya.

    Sadar atau tidak, laman Google yang setiap hari dituju pengguna internet untuk mencari banyak hal, dapat menjadi alat pengingat terhadap sebuah peristiwa atau momen penting yang kadang luput dari perhatian warga.

    Dan pada hari ini, Kamis (25/11) Google melalui tim Doodle menyajikan ilustrasi empat ekor lebah yang sedang memperhatikan lebah berukuran lebih besar yang tengah menunjukan buku. Jelas terlihat bahwa lebah besar berkacamata itu sedang mengajari empat murid lebahnya. Ia adalah guru dan empat lebah itu adalah muridnya.

    Baca juga: Rapat di Google Meet Bisa Tampung 500 Orang

    Proses pembelajaran tersebut memiliki latar bunga warna-warni yang menghiasinya -- mungkin saja itu menggambarkan suasana di dalam kelas yang penuh warna dan semangat yang mengiringi.

    Seperti yang diketahui, Perayaan Hari Guru Nasional (HGN) yang jatuh setiap 25 November ini bersamaan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

    Melihat situs Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), tema Hari Guru Nasional di tahun 2021 ini bertajuk ‘Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan’.

    Perayaan penting ini hadir di tengah masyarakat tentunya untuk mengapresiasi dan menghormati para guru atas jasa dan kontribusi mereka di berbagai bidang, serta kepada masyarakat umum.

    Baca juga: Gak Usah Berharap Ada Google Pixel Fold

    Presiden Joko Widodo juga menyempatkan waktu untuk mengucapkan Hari Guru Nasional melalui akun media sosialnya.

    "Hampir dua tahun dalam selubung pandemi, dunia pendidikan kita tetap berjalan berkat inovasi, kreativitas, dan dedikasi para guru mengawal pendidikan generasi muda," cuit akun @jokowi pada Kamis (25/11), lengkap dengan animasi bergerak dan alunan lagu instrumen yang menemani.

    Ia melanjutkan, "kini, seraya bekerja keras mengakhiri pandemi ini, mari bergandeng-tangan untuk bersama memulihkan pendidikan."

    Di beberapa negara, Hari Guru diperingati begitu sakral dan menjadi hari libur sekolah. Sejumlah negara merayakan Hari Guru setiap tanggal 5 Oktober yang juga bertepatan dengan Hari Guru Sedunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO pada 1994.

    Jadi bisa dibilang, Hari Guru Sedunia sudah diperingati sejak 1994 silam.

    Selamat Hari Guru, para guru hebat di Indonesia!

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini