icon-category Digilife

Google Doodle Rayakan Kelahiran Prof Dr Julie Sulianti Saroso

  • 10 May 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Laman utama Google menampilkan ilustrasi sosok perempuan sebagai dokter yang sedang memeriksa gadis kecil. Sosok tersebut diketahui adalah Profesor Dokter Julie Sulianti Saroso.

Dikenal sebagai dokter perempuan pertama di Indonesia, Prof Dr Julie Saroso berdedikasi untuk membantu masyarakat yang sulit mendapatkan layanan kesehatan berkualitas. Hari ini, Rabu (10/5) Google melalui Doodle-nya merayakan hari kelahiran Julie Saroso.

“Doodle hari ini merayakan dokter Sulianti Saroso dari Indonesia, sosok yang dikenal sebagai salah satu pakar kesehatan penting di eranya dalam mempromosikan kesehatan ibu dan keluarga,” tulis Google.

Prof Dr Julie Saroso lahir pada 10 Mei 1917 di Karangasem, Bali, inspirasi awalnya terhadap peran dokter ia dapatkan dari ayahnya. Ia kemudian menekuni bidang akademik sampai akhirnya berhasil lulus dari Sekolah Geneeskundige Hoge dengan gelar kedokteran pada 1942.

Pendidikannya tak berhenti di situ. Ia melanjutkan sekolah di Amerika Serikat dan Eropa untuk fokus pada bidang kesehatan masyarakat. Ia juga pernah dihibahkan beasiswa dari WHO untuk menekuni sistem kesehatan ibu dan anak di seluruh Eropa.

Salah satu hal signifikan dari Prof Dr Julie Saroso adalah inisiatifnya dalam membantu penyebaran informasi dan edukasi mengenai keluarga berencana (KB) saat ia kembali ke Indonesia di 1952.

Ia juga memimpin program peningkatan akses kesehatan bagi perempuan, anak-anak, dan penduduk desa dengan bergabung di Kementerian Kesehatan RI.

Selain kontribusinya dalam kemajuan sektor kesehatan tanah air, Prof Dr Julie Saroso juga menjadi dosen di Universitas Airlangga pada 1969, kemudian dipilih menjadi presiden perempuan kedua Majelis Kesehatan Dunia. Ia juga ditugaskan di Komisi Pengembangan Masyarakat PBB di negara Afrika.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini