icon-category Digilife

Google Doodle Tema 17an Hari ini Karya Seniman Asal Bandung, Lho

  • 17 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Google melalui tim Doodle menyambut pengguna internet hari ini, Rabu (17/8) dengan ilustrasi khusus edisi HUT Kemerdekaan RI ke-77.

    Sudah menjadi tradisi bagi Google untuk memeriahkan setiap momen penting dengan membuat ilustrasi Google Doodle yang simbolik dan penuh akan makna.

    Laman pencarian Google dihiasi ilustrasi karya seniman tamu Bandung, Wastana Haikal dalam rangka perayaan kemerdekaan Indonesia. Di tahun ini, ilustrasi simbolik yang ditampilkan berupa animasi aktivitas Perahu Pacu asal Riau.

    Baca juga: TikTok Banjir Challenge Tema 17an, Ada 'Indo Makeup' hingga Balap Karung

    Dalam karya seni tersebut terdapat lima karakter berbeda yang menggunakan baju adat serta bentuk fisik yang berbeda-beda. Dihiasi raut wajah sumringah, secara kompak mereka mendayung perahu yang penuh akan hiasan.

    Tidak berhenti sampai di situ, Google turut menyiapkan kejutan lain yaitu tampilan hujan kembang api yang akan muncul jika kita mengklik logo ilustrasi tersebut.

    Makna Google Doodle 17 Agustus 2022

    Ilustrasi Pacu Jalur yang menjadi ikon perayaan HUT ke-77 RI ini terinspirasi dari salah satu olahraga tradisional asal Riau, yaitu Perahu Pacu. Kerap diikutsertakan dalam lomba Festival Pacu Jalur, event ini termasuk dalam salah satu balapan air terbesar di Indonesia.

    Dalam event tersebut perahu yang berlomba akan didekorasi semeriah mungkin dan siap menyusuri Sungai Batang Kuantan, Riau. Selain itu juga akan ditampilkan pertunjukkan lagu dan tarian daerah setempat.

    Peserta Perahu Pacu setidaknya diikuti oleh 60 orang dengan kostum tari tradisional sembari berlaga di atas air.

    Tampilan ilustrasi Google Doodle hari ini kaya akan makna dan pesan yang selaras dengan semboyan Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika. Kebersamaan tanpa membeda-bedakan suku, ras, dan agama.

    Selamat Hari Jadi ke-77, Indonesia!

    Cek berita dan artikel yang lain di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini