icon-category Gadget

Google Pamer Kacamata AR Canggih, Bisa Translate Bahasa

  • 12 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto oleh Bram Van Oost (Unsplash)

    Uzone.id - Di acara Google I/O 2022 pada Kamis (12/05/2022) dini hari tadi, Google turut memamerkan kacamata AR yang sedang dalam pengembangan.

    Dalam video pendek yang ditampilkan, kacamata Augmented Reality ini disiapkan untuk satu fungsi khusus, yaitu mengatasi masalah perbedaan bahasa.

    Yap, satu fitur yang berhasil membuat kacamata ini terlihat begitu canggih adalah kemampuan untuk menyajikan terjemahan bahasa saat pengguna menatap pembicara dengan bahasa lain.

    images-1

    Dalam video singkat yang dibagikan, perangkat wearable ini bakal memunculkan subtitle dalam tampilannya, seperti layanan real-time transkrip 24 jam. 

    Kehadirkan perangkat ini tentunya akan memberikan kemudahan untuk pengguna di dunia nyata. Hal ini sesuai pidato CEO Google, Sundar Pichai yang menekankan pentingnya dunia nyata dengan meningkatkan pengalaman nyata lewat teknologi. 

    images-2

    “Kemampuan AR ini berguna untuk smartphone, dimana keajaiban kini benar-benar jadi nyata tanpa adanya teknologi yang menghalangi,” kata Pichai, dikutip dari Mashable.

    “Potensi inilah yang membuat kami bersemangat mengenai AR, kemampuan untuk menghabiskan waktu untuk hal-hal penting di dunia nyata, kehidupan nyata kita,” tambahnya.

    Baca juga: Google Ungkap Pixel 7, 7 Pro, Pixel Watch dan Tablet Pixel

    Belum jelas fitur apa saja yang bakal disediakan dalam perangkat Google Glass terbaru ini, namun fitur terjemahan AR ini bakal jadi penggunaan yang sangat sempurna dan akan sangat membantu manusia mengatasi keterbatasan dan perbedaan bahasa.

    Sebelumnya, Google pernah merancang kacamata canggih mereka beberapa tahun lalu, namun dihentikan menyusul kritik dari berbagai pihak soal keamanan data dan privasi dari penggunanya.

    Dan tahun ini, ketika perangkat AR semakin di gandrungi, Google pun ikut mengembangkan teknologi yang diharapkan bisa memberi kemudahan besar bagi masyarakat dunia.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini