Digilife

Google Play Music Ditutup Desember, Ayo Beralih ke YouTube Music

  • 06 December 2020
  • Bagikan :


    Uzone.id - Desember jadi bulan terakhir bagi pengguna mengakses Google Play Music.

    Namun, jangan khawatir, Google sekarang punya cara untuk  memindahkan library (pustaka) musik, playlist, dan preferensi pengguna ke layanan streaming YouTube Music.

    YoTube Music akan sepenuhnya menggantikan Google Play Music bulan Desember ini.

    YouTube sebelumnya telah mengumumkan adanya perubahan ini pada Agustus, dan selama  beberapa bulan terakhir, bahwa pengguna Google Play Music kehilangan kemampuan untuk membeli, pre-order, unggah atau unduh musik di platform, atau streaming musik dari aplikasi.

    BACA JUGA: Segini Harga Planet Bumi Kalau Dijual

    Pengguna masih punya waktu untuk mentransfer pustaka ke YouTube Music sebelum Google Play Music dimatikan sepenuhnya.

    YouTube Music punya fitur yang akan membantu kamu memindahkan seluruh pustaka, profil, dan playlist kamu dari layanan streaming Google ke YouTube, dengan hanya satu klik.

    Pustaka Google Play Music tidak akan tersedia lagi setelah Desember.

    YouTube Music juga telah mendapat fitur baru yang bisa menjadikannya pesaing lebih besar dengan layanan streaming seperti Spotify dan Apple Music.

    Pada 2019, YouTube Music dan Premium punya 20 juta pelanggan berbayar. Bandingkan dengan Spotify yang punya 130 juta pelanggan, seperti dilansir Uzone.id dari CNet.

    Berikut cara memindahkan musik kamu dari Google Play Music ke YouTube Music:

    1. Unduh aplikasi aplikasi YouTube musik, untuk iOS atau Android. (Jika di desktop: buka music.youtube.com/transfer dan klik transfer).

    2. Kamu akan melihat tombol transfer di bagian atas layar Google Play Music dan YouTube Music. Ketuk dari salah satu aplikasi, dan unggahan, pembelian, lagu dan album yang ditambahkan, playlist pribadi dan langganan, likes dan dislikes, stasiun yang dikurasi dan preferensi selera pribadi semuanya akan mulai berpindah dari Googole Play Music ke YouTube Music.

    3. Bergantung pada seberapa banyak musik yang ada di pustaka kamu, pemindahan bisa memakan waktu hingga beberapa jam.

    Kamu bisa menutup aplikasi dan pakai ponsel sementara itu, dan membukanya kembali untuk melacak kemajuan jika kamu mau. Kamu akan mendapat notifikasi dan email saat transfer perpustakaan musik kamu selesai.

    4. Buka YouTube Music dan temukan music kamu di tab Library (pustaka), bersama dengan rekomendasi terbaru.

    Jika kamu mendengarkan podcast di Google Play Music, kamu juga bisa transfer langganan dan kemajuan episode kamu ke Google Podcasts dengan membuka podcast.google.com/transfer.

     

    VIDEO Samsung Galaxy A21s Review, Gak Sampe Rp3 Jutaan