icon-category Digilife

Google Rayakan Pesawat NASA Penyelamat Bumi yang Tabrak Asteroid

  • 28 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: dok. JPL NASA

    Uzone.id - Lagi ramai dibicarakan ketika pesawat antariksa NASA berhasil menyelamatkan Bumi dari serangan asteroid, dengan cara menabrakan diri.

    Ini bukan seperti di film-film dan memang kenyataan terjadi. Sampai-sampai, Google memberikan apresiasi dan merayakanya melalui animasi keren di laman pencariannya yang bisa kalian lihat hari ini.

    Coba kalian buka Google, kemudian ketik kata kunci ‘Dart mission’, maka seketika akan ada animasi pesawat antariksa melintas, kemudian menabrak ujung halaman, meledak, dan sampai membuat laman pencarian kalian miring.

    Baca juga: Waspada Cari Informasi di TikTok, 20 Persennya Hoaks

    Mirip seperti skenario yang diharapkan NASA terjadi setelah DART menabrak asteroid Dimorphos, sehingga tidak harus menabrak Bumi.

    Adalah pesawat antariksa Double Asteroid Redirection Test (DART) yang ditabrakkan ke asteroid Dimorphos yang berjarak 7 juta km dari Bumi.

    Dikutip Uzone.id dari berbagai sumber, misi ini dilancarkan sejak November 2021 lalu dan setelah 10 bulan mengangkasa, DART berhasil melakukan misi ‘bunuh diri’ tersebut setelah menabrak Dimorphos dengan kecepatan 22.500 km perjam.

    Misi ini juga ternyata tidak murah, karena perlu budget mencapai Rp4,9 triliun untuk mengetahui apakah manusia bisa merubah arah laju asteroid.

    Cara ini akan menjadi solusi untuk melindungi Bumi dari ancaman asteroid yang bisa terjadi kapan saja, seperti di masa lampau, saat Dinosaurus punah oleh serangan asteroid.

    "Ini merupakan penyelesaian yang sukses dari bagian pertama uji coba pertahanan planet pertama di dunia," kata Administrator NASA Bill Nelson, seperti dikutip Uzone.id dari Engadget.

    Selanjutnya, dalam beberapa minggu ke depan, efek dari tabrakan tersebut akan terus diawasi menggunakan puluhan teleskop yang dimiliki Bumi, dan data-datanya akan dianalisis tim DART.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini