home ×
Digilife

Google Temukan Celah di Browser Chrome, Disarankan Update

26 August 2021 By
Google Temukan Celah di Browser Chrome, Disarankan Update
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Google dikabarkan telah menemukan celah keamanan yang cukup signifikan di dalam browser Chrome. Sayangnya, Google tidak memberikan informasi detil mengenai celah yang dimaksud karena ingin menghindari tangan jahil hacker memanipulasi kerentanan tersebut.

Dilansir melalui Digital Trends, Kamis, 26 Agustus 2021, Google telah memberikan pernyataan adanya perbaikan pada sembilan masalah keamanan yang ditemukannya. Semua kerentanan itu ada pada browser Chrome versi desktop yang menggunakan sistem operasi apapun, dengan Chrome versi 92.0.4515.159. 

Meski tidak diinformasikan secara detil namun ada beberapa link yang terkait dengan sembilan celah tersebut. Di antaranya adalah 'type confusion in V8', 'use after free in printing', 'use after free in Extensions API', 'use after free in WebRTC', 'race in WebAudio', dan 'use after free in angle'.

Intinya, semua kerentanan ini mencakup area inti browser web. V8 berkaitan dengan Javascript di browser web, WebRTC berhubungan dengan transfer data video dan audio. Angle berkaitan dengan grafik di Chrome. Sisanya merupakan area penting lain dari browser.

Memperbarui Chrome agar tidak rentan terhadap kelemahan keamanan ini cukup mudah. Biasanya, browser memperbarui dirinya sendiri secara otomatis, tetapi kita dapat melakukannya secara manual jika tidak mendapatkan versi terbaru.

Untuk melakukannya, cukup klik pada tiga titik di kanan atas layar, kemudian pilih Bantuan diikuti oleh Tentang Google Chrome. Kemudian akan terlihat pemberitahuan bahwa pembaruan sedang diunduh.

Terakhir akan diminta untuk memulai ulang browser web.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id