home ×
Auto

Grab Duluan Pakai Motor Listrik yang Bisa Tukar Baterai Seperti Tabung Gas

05 November 2020 By
Grab Duluan Pakai Motor Listrik yang Bisa Tukar Baterai Seperti Tabung Gas
Share
Share
Share
Share

Foto: Kymco

Uzone.id - Salah satu kendala kendaraan listrik adalah lokasi dan waktu pengecasannya yang masih relatif lama. Nah, solusinya, baterai bisa dipasang-copot dan ditukar di gerai-gerai layaknya tabung gas.

Dan konsep ini sebenernya sudah diwacanakan Gesits, namun belum terealisasi. Malah Grab yang duuan mengambil inisiatif tersebut untuk para drivernya yang menggunakan motor listrik.

Sebelumnya, Grab pun sudah mengoperasikan Hyundai Ioniq. Untuk motor pun sudah ada Honda PCX Electric dan Gesits. Tapi yang menarik adalah motor terbarunya, Kymco.

Kymco Like EV yang bakal digunakan Grab dan Grab telah bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk memudahkan pengisian baterai motor listrik.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggandeng Grab Indonesia dengan mendirikan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di beberapa wilayah.

Jadi para ojol Grab tidak perlu repot menunggu pengisian, hanya tinggal menukar baterai yang sudah habis dengan baterai yang dayanya terisi penuh.

Sebagai permulaan, konsep baterai swap tersebut hanya digunakan motor listrik Grab yang dibuat oleh Kymco. Namun tidak menutup kemungkinan, jenis dan model baterai yang dsediakan di SPBLKU nantinya lebih beragam.

Tempat penukaran baterai motor listrik itu diberinama Grab Powered by Kymco yang lokasinya berada di kantor PLN UP3, Cikokol, Tangerang.

“Kami ingin terus mendukung visi pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi karbon sebesar 29 persen di tahun 2030,” ujar President Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata dalam keterangan resminya.

Kymco Like EV menyediakan ruang untuk 5 baterai untuk jarak maksimum 200 km. Inovasi terbesar skuter adalah sistem pengisian baterai bernama Ionex .

Sistem ini menyediakan banyak opsi pengisian daya yang memungkinkan untuk menukar baterai kosong dengan yang sudah terisi pada gerai-gerai khusus.

VIDEO Mitsubishi Xpander Black Edition + Bonus Scene Xpander Cross Rockford Fostgate

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article