Grab Lanjutkan Upaya Pemberian Relaksasi Kredit Mitra Driver
-
Uzone.id - Setelah berhasil menjembatani proses restrukturisasi kredit bagi mitra driver dengan perusahaan leasing, Grab melanjutkan upaya relaksasi keuangan bagi para mitra drvernya. Grab mengaku ingin meringankan beban para drivernya dari dampak Covid-19.
Bersama dengan perusahaan rental kendaraan, PT Teknologi Pengangkutan Indonesia (TPI), Grab membuat program yang dibagi dalam dua jenis, yakni Gold dan Flexi+, dan Sahabat Rental. Paket relaksasi ini akan dijalankan dalam beberapa fase, yakni April - Mei dan Juni, juga setelahnya."Kami mencari solusi yang merupakan titik temu dari semua pihak, pengemudi tentu perlu dibantu dan TPI juga menjaga kelangsungan bisnisnya. Prinsip dari program relaksasi ini adalah win-win dan transparansi," ujar Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, dalam keterangannya, Kamis, 28 Mei 2020.
Baca juga: 6 Kuliner GrabFood yang Paling Banyak Dipesan Selama Pandemi
Dijelaskan Neneng, dalam fase pertama, untuk pengemudi Gold dan Flexi+ diberi penundaan pembayaran Biaya Rental (rental fee) selama 2 (dua) bulan. Ini artinya, biaya rental baru akan dihitung kembali pada awal Juni. Sementara untuk pengemudi Sahabat Rental, dibebaskan dari biaya rental periode April - Mei 2020, serta mendapat asuransi kesehatan dan jiwa senilai Rp10 juta.
Lalu memasuki fase kedua, yang akan berjalan pada bulan Juni, pengemudi Gold dan Flexi+ hanya akan membayar 25 persen dari kewajiban setiap bulan. Sementara kategori Sahabat Rental untuk TPI area Jakarta diubah menjadi program baru yaitu Program Spesial Covid-19 Rental Juni. Pada program ini mitra hanya membayar Biaya Sewa flat Rp50 ribu per hari yang diperuntukkan untuk mitra pengemudi yang saat ini aktif.
"Dalam kondisi seperti ini, kami memprioritaskan yang paling utama, yaitu mitra tetap dapat beroperasi dengan memaksimalkan peluang yang ada," ujar Neneng.
Sebelumnya, Grab juga telah berhasil menjembatani proses restrukturisasi kredit bagi mitra pengemudi dengan perusahaan pembiayaan dari grup OTO dan BCA Finance.
Pada Juni nanti, Grab akan meningkatkan pelayanan armadanya melalui Grab Protect, berupa mobil dengan penyekat antara pengemudi dan penumpang, penggunaan masker dan hand sanitizer, serta standar perawatan kebersihan dan kesehatan yang sesuai dengan protokol penanganan Covid-19. Mobil armada GrabProtect dibersihkan dengan disinfektan secara rutin di pos-pos khusus yang disediakan Grab.
Program ini melanjutkan penyediaan 5.000 layanan armada roda empat khusus GrabProtect yang tersebar di seluruh Indonesia.