Grab Rilis Fitur ‘Akun Keluarga’, Bisa Pantau Perjalanan Orang Tua
Uzone.id - Grab rilis fitur baru yang memudahkan pengguna dalam mengelola perjalanan seluruh anggota keluarga dalam satu akun, nama fiturnya ‘Akun Keluarga’. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat satu akun utama berisi 10 akun anggota keluarga, dimana hanya satu akun menjadi adminnya.
Fitur ini memungkinkan penggunanya berbagi layanan Grab bersama keluarga, tanpa perlu membuat akun yang terpisah, seperti GrabCar, GrabBike, GrabFood, bahkan sampai GrabExpress.Misalnya GrabCar atau GrabBike, pengguna dapat memantau lokasi perjalanan orang tua secara real time sampai mengatur perjalanannya, mulai dari pemesanan bahkan hingga pembayaran. Pengguna juga dapat melakukan chat tiga arah antara anggota keluarga dengan mitra pengemudi.
Tyas Widyastuti selaku Director untuk Mobility dan Logistics Grab Indonesia dalam pernyataannya mengungkapkan bahwa fitur ini hadir dilatarbelakangi oleh masukan dari beberapa pihak.
“Banyak pihak, khususnya Ibu atau anak yang memiliki orang tua sangat senior, yang berharap agar mereka dapat memantau lokasi anak ataupun orang tua saat melakukan perjalanan dengan Grab,” ungkap Tyas.
Meskipun sebelumnya, Grab telah memberikan fitur Share My Ride untuk membagikan perjalanan, banyak pengguna yang masih kurang memanfaatkan dan mengetahui fitur tersebut. Sehingga, dengan hadirnya fitur baru ini, dapat menjadi solusi dalam memonitor perjalanan anggota keluarga.
“Pasalnya, meskipun telah ada fitur Share My Ride (Bagikan Perjalanan), terkadang banyak yang lupa mengirimkan lokasi atau justru tidak memanfaatkan fitur ini karena tidak familiar dengan penggunaan aplikasi di ponsel. Fitur Akun Keluarga ini diharapkan dapat menjadi solusi nyata agar setiap perjalanan menjadi semakin mudah, aman, dan nyaman bagi keluarga di Indonesia.” tutup Tyas.
Adapun empat keunggulan dari fitur Akun Keluarga ini, di antaranya:
1. Otomatis mendapatkan notifikasi dan informasi lokasi perjalanan
Akun Admin dapat memantau lokasi Anggota Keluarga di peta dan menerima notifikasi saat Anggota Keluarga naik dan turun dari kendaraan.
2. Chat dengan Mitra Pengemudi
Fitur chat tiga arah memungkinkan Akun Admin untuk berkomunikasi langsung dengan Mitra Pengemudi, termasuk untuk memberikan instruksi khusus, informasi tambahan akan lokasi penjemputan atau penurunan, serta menjaga keselamatan Anggota Keluarga selama perjalanan.
3. Pembayaran terpusat
Pembayaran untuk perjalanan yang dilakukan dapat menggunakan metode pembayaran yang dimiliki oleh Akun Admin, sehingga Anggota Keluarga tidak perlu khawatir jika tidak memiliki uang tunai atau dompet digital yang cukup untuk membayar perjalanan.
4. Pesankan perjalanan untuk Anggota Keluarga
Akun Admin juga dapat memesankan perjalanan untuk Anggota Keluarga. Anggota Keluarga akan mendapatkan notifikasi pada aplikasi Grab mereka setelah perjalanan dipesan. Fitur chat tiga arah juga tetap dapat digunakan oleh Anggota Keluarga sehingga mereka tetap dapat berkomunikasi langsung dengan Mitra Pengemudi.
Bagi kalian yang tertarik menggunakan fitur “Akun Keluarga” Grab, dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
- Buka aplikasi Grab di smartphone
- Masuk ke menu “Akun”
- Pilih “Buat Akun Keluarga”
- Centang kotak persetujuan untuk ketentuan yang diberikan
- Masukkan nomor telepon anggota keluarga yang ingin ditambahkan
- Pilih metode pembayaran
- Pilih “Simpan”.