icon-category Travel

Menengok Mata Air Biru nan Bening di Gua Kristal, Kupang

  • 24 Feb 2018 WIB
Bagikan :

Jika kamu pernah berkunjung ke Kupang, pasti pernah mencicipi sinar mataharinya yang bersinar terik menusuk kulit. Nah, ternyata tidak jauh dari pusat kota Kupang terdapat sungai bawah tanah yang mengalir di dalam gua. Gua Kristal namanya.

Seperti namanya, mata air dalam gua tersebut berwarna sebening kristal. Bahkan saking beningnya, airnya berkilau kebiruan. Masih alami, belum ada lampu penerangan di dalam Gua Kristal sehingga pengunjung harus membawa senter sendiri.

Airnya yang bening di bawah stalaktit yang menggantung di langit-langit gua tampak sangat mengundang dan seakan mengajak pengunjung untuk berenang di dalamnya. Sinar matahari yang mengintip dari mulut gua membuat aliran air makin berkilau.

Gua Kristal dapat ditempuh dengan kurang lebih 30-45 menit berkendara dari pusat kota Kupang. Dari jalan raya, pengunjung harus treekking sekitar 100 meter untuk mencapai bibir gua. Belum dikelola oleh warga setempat, masuk ke gua ini tidak dipungut tiket masuk. Belum ada warung-warung makanan di dekat bibir gua. Jadi, pngunjung sebaiknya membawa bekal.

Eits, jangan lupa pula membawa baju ganti untuk berenang di Gua Kristal. Sayang rasanya jika air sebening itu hanya mampir di kaki kita. Mencoba freediving di gua itu juga sangat pas loh!

Direkomendasikan datang ke Gua Kristal pada pukul 11.00-14.00 WITA demi mendapatkan penerangan alami yang maksimal. Demi menjaga keindahan gua tersebut, wisatawan diharapkan tidak membuang sampah di sana. 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini