Lifestyle

Gunakan High Heels Tanpa Sakiti Kaki? Ikuti Tips Ini

  • 13 June 2016
  • Bagikan :
    | June 13, 2016 10:20 am

     

    Sepatu hak tinggi kerap digunakan wanita dalam suasana formal, bertemu dengan kolega hingga menghadiri pernikahan. Meski membuat kaki terlihat cantik dan anggun, mengenakan sepatu hak tinggi dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti pembengkakan pada sendi jari hingga nyeri punggung bawah.

    Meski dapat menyebabkan gangguan kesehatan, menghindari penggunaan sepatu hak tinggi cukup sulit untuk dilakukan oleh sebagian wanita. Dalam kondisi tersebut, yang perlu dilakukan ialah meminimalisasi dampak negatif dari sepatu hak tinggi. Berikut ini ialah enam cara meminimalisasi dampak negatif sepatu hak tinggi seperti dilansir Mental Floss.

    Pilih tinggi hak dengan bijak

    Stiletto biasanya hadir dengan berbagai desain yang cantik dan mudah menarik perhatian. Hanya saja, stiletto memiliki hak yang cukup tinggi dengan kemiringan yang tajam. Ganti stiletto dengan jenis sepatu hak tinggi yang tingkat kemiringannya berjenjang, seperti sepatu platform atau wedges.

    Jika akan melakukan banyak berjalan kaki, Scott Rosenthal dari Airport Podiatry Group menyarankan agar memilih hak sepatu yang tidak terlalu tinggi dan cenderung lebar. Akan tetapi, jika tidak melakukan banyak kegiatan berjalan kaki, seperti menonton bioskop atau makan malam, maka hak sepatu yang tinggi dan runcing dapat digunakan. Sedangkan jika harus menghadiri acara yang akan membuat Anda berdiri lebih dari satu jam, disarankan untuk memilih sepatu dengan hak di bawah tiga inchi dengan bagian jari yang tidak terlalu runcing.

    Pilih sepatu dengan alas berisi

    Tak semua sepatu hak tinggi hadir dengan alas sepatu yang ideal. Diperlukan alas sepatu berisi dan cukup empuk untuk menunjang bantalan kaki yang terletak di bawah ibu jari kaki. Jika sepatu Anda tidak memiliki alas sepatu yang berisi, Anda dapat menambahkan sendiri alas sepatu yang berisi busa atau bantalan agar terasa lebih nyaman.


    Hak sepatu 'portable'

    Saat mengenakan sepatu hak tinggi saat menghadiri suatu acara, wanita biasanya membawa sepatu datar atau sandal ekstra untuk digunakan setelah acara selesai. Cara ini cenderung merepotkan untuk dilakukan. Jika Anda juga suka membawa sepatu atau sandal cadangan saat mengenakan sepatu hak tinggi, ada baiknya cobalah memilih sepatu dengan hak yang bisa dipasang dan dilepaskan. Salah satu desainer sepatu yang memproduksi sepatu dengan hak yang bisa dilepas ialah Tanya Heath.


    Lepas sepatu saat duduk di meja kantor

    Mengenakan sepatu hak tinggi dalam waktu lama dapat menyebabkan kaki terasa sakit. Oleh karena itu, lebih baik Anda mengenakan sepatu hak tinggi ketika diperlukan saja seperti saat menghadiri rapat atau pertemuan bisnis. Anda dapat melepaskan sepatu hak tinggi ketika sudah duduk di meja kerja. Dengan begitu, risiko gangguan kesehatan yang mungkin timbul akibat hak tinggi, seperti keseleo atau masalah sendi dapat berkurang.

    Regangkan jari dan kaki

    Mengenakan hak tinggi terlalu sering dapat menyebabkan tendon achilles Anda memendek. Untuk itu, ahli penyakit kaki menyarankan agar melakukan peregangan sederhana pada jari dan kaki selama mengenakan sepatu hak tinggi. Salah satu caranya ialah dengan meregangkan jari kaki ke atas serta meregangkan bagian betis.


    Rendam kaki


    Lepaskan segera sepatu hak tinggi Anda setibanya di rumah. Agar kaki merasa lebih nyaman, rendam kaki Anda pada air hangat selama 14 menit. Selain membuat kaki nyaman, cara ini dapat mengurangi rasa nyeri hingga pembengkakan kaki yang timbul akibat penggunaan hak tinggi. Anda juga dapat menambahkan garam Epsom untuk mengurangi nyeri dan inflamasi pada kaki.

    BERITA LAINNYA

    Umat Islam Indonesia Masih Menderita


    'Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Berkah Bagi Masyarakat Banten'


    RZ Berbagi Kado Lebaran Yatim di SD Juara

    }); setTimeout(function(){ $(".modal2").addClass('hilang'); }, 30000);