icon-category Auto

Habis Liburan Nataru, Cek 5 Bagian Mobil Agar Bisa Diajak ‘Tempur’ Lagi

  • 03 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: Auto2000

Uzone.id - Seperti halnya mudik Lebaran, liburan Natal dan Tahun Baru juga banyak masyarakat yang bepergian dengan mobil pribadi. Mobil pun jadi bekerja ekstra keras karena perjalanan yang jauh dan biasanya berjibaku dengan kemacetan.

Agar mobil bisa kembali diajak ‘tempur’ untuk mencari rezeki, ada sejumlah bagian yang wajib dicek setelah mobil diajak liburan Natal dan Tahun Baru.

Kalian bisa melakukan pengecekan secara mandiri di rumah atau kalau tidak mau ribet, bisa segera membawanya ke bengkel resmi.

BACA JUGA: Kendaraan yang STNK-nya Hangus, Apakah Bisa Dihidupkan Lagi?

Berikut, beberapa bagian komponen yang harus diperiksa saat mobil habis digunakan untuk perjalanan jauh.

1. Oli

Oli jadi salah satu hal yang penting untuk diperiksa ataupun diganti bila perlu. Perjalanan jauh selama liburan, apalagi dalam kondisi sering hujan dan tak jarang banjir, kondisi oli wajib diperhatikan.

Pertama, pastikan volumenya tidak berkurang. Kemudian, kalau merasa sempat melewati banjir, pastikan juga warnanya tidak berubah.

Selain itu, ada baiknya mengganti dengan oli baru karena selama perjalanan liburan, mesin mobil biasanya bekerja lebih keras karena jarak dan juga kemacetan.

2. Kaki-Kaki

Kaki-kaki mobil juga jadi bagian penting lainnya. Sektor ini menentukan kenyamanan dan keamanan mobil saat digunakan kembali untuk beraktifitas harian setelah liburan.

Kondisi serta medan jalan yang bervariasi, memaksa komponen ini bekerja ekstra dalam menopang bodi kendaraan. Periksa kondisi shockabsorber, lower-arm, dan jangan lupa keausan ban beserta tekanan angin. Kalau perlu lakukan spooring dan balancing ulang.

3. Rem

Kemacetan di perkotaan, melaju kencang di jalan tol dan melewati turunan curam di luar kota, memaksa komponen rem bekerja ekstra. Karenanya, pengecekan wajib dilakukan.

Pastikan ketebalan kampas rem masih dalam keadaan yang baik. Pemilik mobil dapat mengganti komponen ini apabila memang sudah mencapai batas maksimal.

BACA JUGA: Fix, Kendaraan Jadi Bodong Jika STNK Mati 2 Tahun

4. Filter Bahan Bakar

Tidak semua daerah di Indonesia menyediakan bahan bakar seperti yang biasanya dikonsumsi mobil kita pada aktifitas harian di perkotaan.

Kadang, kita terpaksa mengisi bahan bakar seadanya untuk memastikan mobil tidak kekurangan bahan bakar apalagi sampai mogok karena kehabisan bahan bakar.

Maka dari itu, pastikan juga mengecek filter bahan bakar, dan dapat menggantinya untuk meminimalkan kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.

5. Interior

Pastikan interior kendaraan bersih dari sisa makanan dan minuman di dalam kabin. Lakukan pembersihan secara menyeluruh, mulai dari kabin hingga bagasi agar tidak menyebabkan aroma yang tidak sedap dan terhindar dari masuknya serangga ke dalam kabin. Jangan lupa bersihkan saringan udara AC.

VIDEO: Berapa Konsumswi BBM Wuling Almaz Hybrid?

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini