icon-category Gadget

Habis Ponsel, Terbitlah Laptop Layar Lipat dari Lenovo

  • 07 Jan 2020 WIB
  • Bagikan :

    (Foto: dok. Lenovo)

    Uzone.id -- Sejak awal 2019 sudah mulai muncul euforia kehadiran ponsel layar lipat berkat Galaxy Fold dari Samsung hingga Mate X dari Huawei. Kini di awal 2020 ini, Lenovo datang untuk memamerkan laptop baru dengan layar lipat.

    Diberi nama ThinkPad X1 Fold, sebenarnya laptop ini sudah pernah dibocorkan perusahaan pada Mei 2019. Namun, ThinkPad X1 Fold ini baru benar-benar dipamerkan secara publik di ajang Consumer Electronic Show (CES) yang sedang berlangsung di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

    Yup, saat ini laptop mainstream yang biasa dipakai konsumen konsepnya masih konvensional, yakni layar dan modul papan ketik (keyboard). Kalau ThinkPad X1 Fold pada dasarnya sama seperti laptop biasa, namun alih-alih pakai papan ketik, produk ini konsepnya layar semua. 

    (GIF: Julian Chokkattu/Wired)

    Jadi secara gak langsung, seperti ponsel layar lipat saja, namun ukurannya ‘raksasa’ seperti laptop.

    Panel layar ThinkPad X1 Fold sudah pasti menggunakan OLED material polymeid, ukurannya 13,3 inci. Lenovo menonjolkan sisi efisiensi ThinkPad X1 Fold karena laptop ini diklaim mudah dibawa ke mana-mana seperti halnya ponsel pintar karena bobotnya tak sampai 1 kilogram.

    Baca juga: Lenovo Bikin Laptop Layar Lipat

    Mengutip Wired, ThinkPad X1 Fold ini dirancang dengan bahan ringan dan serat karbon, serta dilengkapi dengan penutup folio kulit. Untuk ‘jeroannya’, Lenovo membekali ThinkPad X1 Fold dengan Intel Core Processor serta Intel Hybrid Technology dengan sistem operasi Windows 10, yang nantinya akan diperbarui ke Windows 10X.

    Lenovo juga melengkapi laptop ini dengan Active Pen untuk menunjang produktivitas. Mode lipat ThinkPad X1 Fold tak cuma gaya laptop standar, tapi juga bisa dilipat untuk mode tablet dan mode reading seperti buku.

    Kalau jaringan 5G sudah sangat siap, ThinkPad X1 Fold ini bahkan akan mendapat dukungan opsi untuk konektivitas 5G.

    Lenovo rencananya melepas laptop ini di pasaran pada pertengahan 2020 dengan banderol US$2.499 atau setara Rp34,7 juta.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini