icon-category Digilife

Hampir 3,8 Juta UMKM Bergabung di Tokopedia Selama Pandemi

  • 18 Aug 2021 WIB
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Tokopedia menjadi salah satu e-commerce terbesar dan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Selama 12 tahun berdiri, Tokopedia terus menghadirkan inisiatif-inisiatif guna mendorong pengembangan usaha di Indonesia.

    Salah satu yang paling baru adalah dengan program Hyperlocal dimana Tokopedia melakukan digitalisasi pasar dengan berkolaborasi dengan sejumlah pemda di Bandung, Yogyakarta, Tasikmalaya, Makassar, Kab. Bandung dan Tangerang dan akan terus bertambah lagi. Hadirnya inisiatif ini merupakan bentuk dari komitmen Tokopedia untuk mengembangkan usaha di Indonesia dan berkontribusi dalam mempermudah kehidupan masyarakat Indonesia.

    Pertumbuhan ekosistem di Tokopedia terus menunjukkan peningkatan yang signifikan terlebih ketika masa pandemi menyerang. Selama dua tahun terakhir Tokopedia terus berfokus pada ekonomi di Indonesia. Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia, Leontinus A. Edison pada Senin, 16 Agustus 2021, kemarin mengungkapkan jika tahun lalu mereka sama-sama berfokus untuk mempertahankan ekonomi Indonesia.

    "Fokus kita tahun ini adalah untuk mendorong pemulihan ekonomi Indonesia yang benar-benar terdampak COVID-19," ujar Leontinus.

    Dikatakannya, hingga saat ini, lebih dari 11 juta penjual sudah memulai dan mengembangkan usaha di platform Tokopedia dengan hampir 100 persen diantaranya merupakan UMKM. Tokopedia juga mencatat lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan serta jangkauan ke setiap kecamatan daerah mencapai angka 99 persen.

    VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak mengungkapkan bahwa hampir semua kontribusi penjualan di Tokopedia berasal dari pengusaha UMKM.

    “Semenjak awal pandemi atau sekitar awal 2020, peningkatan penjual yang bergabung di Tokopedia menyentuh angka sekitar 3,8 juta lebih,” kata Nuraini.

    Tokopedia mencatat adanya peningkatan jumlah pembeli yang signifikan di beberapa daerah pada Kuartal 2 tahun ini, daerah tersebut meliputi Papua, Makassar, Malang, Semarang dan Palembang. Secara keseluruhan, selama Q2 tahun 2021, Tokopedia mencatat adanya 4 kategori yang banyak dicari pengguna diantaranya perlengkapan kesehatan dan perawatan diri, fashion, kecantikan, ibu dan anak serta fashion anak.

    Pertumbuhan Tokopedia yang semakin pesat tersebut tak lepas dari lima fokus utama yang menjadi strategi Tokopedia. Strategi tersebut diantaranya, memperkuat fondasi, fokus pada kebutuhan konsumen maupun penjual, memperluas pemanfaatan data, penggunaan AI, dan kerangka kerja optimal secara finansial. Hal ini disampaikan oleh Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia.

    Untuk kedepannya, sesuai dengan apa yang menjadi visi dan misi semenjak awal berdiri, Tokopedia selalu berfokus untuk mendorong pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

    Inisiatif Tokopedia untuk UMKM
    “Selama 12 tahun, Tokopedia menghadirkan berbagai inisiatif untuk mendukung perkembangan pegiat usaha di Indonesia - khususnya UMKM lokal di berbagai penjuru, salah satunya Hyperlocal,” tambah Leontinus.

    Semenjak didirikan, Tokopedia memiliki komitmen menghadirkan inisiatif-inisiatif untuk mengembangkan usaha di Indonesia. Selain itu, Tokopedia juga memiliki visi dan misi untuk mendukung pemerataan ekonomi digital di Indonesia. Inisiatif yang hadir di Tokopedia memberikan dampak bagi pengusaha lokal seperti Krakakoa, yang merupakan produsen cokelat lokal. Menurut penuturan Wilsen Bunnawan, Digital Marketing and E-commerce Lead Krakakoa, penjualan produknya di Tokopedia mengalami lonjakan hingga 2 kali lipat.

    Sebagai bentuk apresiasi sekaligus inisiatif spesial untuk mempermudah masyarakat, Tokopedia menghadirkan sederet program khusus HUT Tokopedia ke-12. Program ‘traktiran’ tersebut diantaranya, Waktu Indonesia Belanja (WIB) Traktiran Ulang Tahun Tokopedia dengan menghadirkan Bebas Ongkir dan Cashback spesial hingga 100 persen dari 17 Agustus hingga 31 Agustus 2021. Ada juga Gebyar Koleksi Spesial, Bertabur Produk Lokal Eksklusif, yang menghadirkan produk ekslusif dari sejumlah merek lokal.

    Perayaan lainnya berupa WIB TV Show Spesial Traktiran Ulang Tahun Tokopedia yang menghadirkan sederet penyanyi papan atas seperti Project Pop, NCT Dream, dan BTS pada 17 Agustus 2021 pukul 19:30 WIB yang ditayangkan di Tokopedia Play, YouTube dan beberapa stasitun TV. Tak hanya hiburan saja, Tokopedia juga melakukan donasi sosial bersama para penjual, pembeli, karyawan dan mitra strategis dalam kampanye #BangkitBersama bagi orang-orang terdampak, tenaga medis, masyarakat prasejahtera dan pekerja yang terdampak pandemi. Nakama, sebutan karyawan Tokopedia juga memberikan apresiasi pada tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan melawan COVID-19 dengan memberikan hampers berisi vitamin, suplemen dan barang lainnya.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini