icon-category Gadget

Hands-on Asus Zenbook 14X OLED, Laptop Tipis Bertenaga AMD Ryzen

Asus Zenbook 14X OLED (UM5401) (Foto: Muhammad Faisal/Uzone.id)

Uzone.id - Portofolio laptop tipis, ringkas dan punya spesifikasi bertenaga dari Asus kembali bertambah dengan hadirnya Asus Zenbook 14X OLED dengan nomor model UM5401. Dibanderol dengan harga Rp16 jutaan di toko online, Asus Zenbook 14X OLED mempersembahkan ragam fitur yang bikin takjub.

Dari desain saja, laptop ini punya dimensi yang ramping dan tahan banting cocok buat tipikal pengguna yang gemar kerja secara mobile. Ketebalannya cuma 15,9 mm dengan bobot 1,4 kg, dan sudah mendapatkan sertifikasi militer US MIL-STD 810H. 

Ditambah pula dengan desain engsel ErgoLift 180° yang memungkinkan laptop dapat dibuka dengan posisi layar ‘rebahan’.

Asus mengatakan, desain ErgoLift membuat pengguna mendapatkan posisi mengetik atau bekerja yang lebih nyaman. Saat laptop dibuka, posisi keyboard akan terangkat dan memberikan posisi mengetik yang lebih ergonomis.

Baca juga: Mengenal Windows 11 dengan S Mode, Lebih Aman tapi UX Dikorbankan

Engsel dinamis yang dapat dibuka 180° juga memungkinkan posisi layar dapat diatur sedemikian rupa, menyesuaikan kebutuhan pengguna saat bekerja di mana saja.

Walau bodinya tipis, ketersediaan port di laptop ini lumayan lengkap. Terdapat microSD reader, jack audio, USB 3.2 Gen 2 berjenis USB-A, port HDMI dan sepasang port USB-C 3.2 Gen 2. 

Layout keyboard laptop ini juga tergolong bikin nyaman. Gak full-sized memang, tapi jarak antar keycaps dan tombol yang empuk bikin mengetik tetap nyaman dan minim typo. Apalagi posisi mengetik pun terasa lebih enak berkat desain ErgoLift.

Tepat di sudut atas, ada tombol Power yang berfungsi juga sebagai sensor sidik jari. Pengguna gak perlu mengetikkan PIN atau password lagi, biarkan Windows Hello bekerja mengenali sidik jari kalian, dan langsung masuk ke halaman utama Windows 11 Home.

Oiya, Asus Zenbook 14X OLED UM5401 juga punya NumberPad 2.0 yang inovatif. Touchpad ini dapat difungsikan sebagai tombol untuk memasukkan nomor-nomor demi kebutuhan pemrosesan data yang lebih maksimal.

Layar OLED HDR

Sesuai namanya, laptop ini punya layar OLED berukuran 14 inci dengan resolusi 2,8K dan berkualitas HDR. Dengan aspek rasio besar 16:10, visualisasi bakal terasa lebih maksimal ketimbang layar dengan rasio 16:9.

Akurasi warna yang ditampilkan Zenbook 14X OLED juga sudah divalidasi oleh PANTONE, alhasil jaminan warna yang detail dan akurat pun bakal diterima oleh pengguna, terutama warna hitamnya yang jauh lebih pekat dan bikin nyaman mata.

Bukan cuma menakjubkan, layar OLED di laptop ini juga tetap memperhatikan segi keamanan mata penggunanya. Diakui oleh TUV Rheinland dan SGS, layar OLED laptop ini memancarkan 70 persen lebih sedikit cahaya biru yang membahayakan mata pengguna.

Kendati begitu, akurasi warna tetap tidak dikorbankan, lantaran Asus tidak menggunakan filter cahaya biru pada umumnya. Pabrikan asal Taiwan ini menggeser spektrum yang aman bagi kualitas warna layar.

Ditujukan buat kreator konten, layar Asus Zenbook 14X OLED juga dapat menerima input sentuhan jari dan juga stylus, memungkinkan pengguna untuk menggambar langsung pada layar OLED dengan tingkat presisi yang tinggi.

Baca juga: Bukan Intel atau AMD, Laptop Asus Ini Ditenagai Chipset Snapdragon

Ditenagai AMD Ryzen 5000 Series, RAM masih LPDDR4X

Untuk varian tertinggi, Asus Zenbook 14X OLED ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen -5900HX yang baru. Namun sayangnya, RAM 16 GB pada laptop ini masih berjenis LPDDR4X, lebih rendah ketimbang LPDDR5 yang diusung oleh laptop berbasis Intel Core 12th Gen.

Namun tetap saja, kapasitas RAM 16 GB pada laptop ini membuat multitasking tetap lancar yang membuat produktivitas pengguna kian meningkat. Apalagi ditambah dengan penyimpanan SSD PCIe 3.0 sebesar 1 TB dan sistem pendingin IceCool Plus yang bikin performa tetap stabil untuk berbagai skenario penggunaan.

IceCool Plus sendiri memiliki tiga mode kipas pendingin, dan semuanya dapat diatur melalui aplikasi MyASUS yang sudah terpasang otomatis di sistem operasi.

Fitur lainnya

Ada beberapa fitur tambahan yang diberikan Asus kepada pengguna. Di antaranya adalah AI noise-cancelling yang dapat mengisolasi kebisingan yang tidak diinginkan, sehingga suara pengguna yang diterima lawan bicara saat video conference bakal lebih jernih.

Fitur ini terbagi menjadi ClearVoice Mic dan ClearVoice Speaker. ClearVoice Mic dapat menyaring kebisingan sekitar dan menormalkan semua suara individu dalam mode Multi-presenter dari posisi berbeda untuk kualitas panggilan konferensi grup yang optimal. 

Sedangkan fitur ClearVoice Speaker menyaring semua kebisingan sekitar selain ucapan manusia, jadi pengguna akan mendengar apa yang dikatakan orang lain.

Lalu ScreenXpert, sebuah aplikasi pengatur multi-layar yang memungkinkan pengaturan aplikasi secara mulus di monitor eksternal yang terhubung untuk efisiensi yang lebih baik.

Baca juga: Hands-on Asus ROG Strix SCAR 17 SE, Laptop Ngebut Buat Gamer Hardcore

Harga dan ketersediaan

Di situs resmi Asus Indonesia, Zenbook 14X OLED UM5401 dijual dengan harga Rp17 jutaan dan hanya tersedia dalam satu warna saja, yakni Jade Black. 

Ada varian dengan harga Rp18,9 jutaan yang ditenagai oleh AMD Ryzen 7-6800H dengan RAM LPDDR5 16 GB dan penyimpanan 512 GB SSD PCI3 4.0 dengan desain yang kurang lebih sama.

Seluruh pembelian bakal mendapatkan sleeve khusus dan stylus dalam paketnya. Juga, mendapatkan garansi resmi dari Asus Indonesia.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini