icon-category Gadget

Hands-on Samsung Galaxy A53 5G, Ponsel Menengah tapi Fitur Mewah

  • 18 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    Samsung Galaxy A53 5G (Foto: Susetyo/Uzone.id)

    Uzone.id - Samsung meluncurkan anggota baru dari A Series secara global, yakni Galaxy A33 5G dan Galaxy A53 5G. Seperti di seri-seri sebelumnya, ada sejumlah fitur baru ala flagship yang ditawarkan di perangkat ini.

    Kebetulan, tim Uzone Indonesia berkesempatan untuk menjajal secara singkat salah satu dari ponsel tersebut, yaitu A53 5G. Walaupun sekejap, kami punya impresi yang bagus terhadap ponsel ini.

    Berikut hasil review singkat kami

    Daftar Isi:
    1. Desain
    2. Layar
    3. Kamera
    4. Performa
    5. Kesimpulan

    Desain

    Sebelum masuk lebih jauh soal spesifikasinya, kita bicara dahulu soal desainnya. Kesan pertama kami terhadap Galaxy A53 5G ini punya desain yang masih mirip dibandingkan Galaxy A52.

    Namun kali ini versi terbarunya punya desain yang terlihat lebih slim yang begitu nyaman digenggam, dan ini kami suka tidak ada lagi sudut-sudut membulat kaku dibandingkan generasi sebelumnya.

    Saat digenggam, Galaxy A53 5G ini emang sudah serasa tahu banget buat konsumennya, sebab dimensi 74,8 x 159,6 x 8,1mm menjadi standar kenyamanan tersendiri sih.

    Di bagian samping kanan terdapat tombol volume up dan down, serta tombol power. Semakin nyaman saat digunakan dalam satu genggaman saja.

    Ponsel ini dilengkapi speaker di bagian bawah bersama dengan port USB-C, dan ya tidak tersedia port jack 3.5mm. Ini emang eranya ekosistem.

    Sementara di bagian belakangnya terdapat ‘rumah’ bagi empat kamera. Nah ini ada sesuatu yang baru dibandingkan versi Galaxy A52 yang lalu.

    Kami merasa dibandingkan dengan generasi sebelumnya, tempat kamera tersebut dibikin lebih slim agar lensa-lensanya tidak terlalu menonjol.

    Jangan lupa juga, Samsung menjadi pionir saat menyematkan IP67 yang artinya selain anti debu juga mampu diajak untuk menyelam di kedalaman tertentu.

    Layar

    Layar dari Galaxy A53 5G ini dibekali dengan bentang seluas 6,5 inci FHD+ SuperAmoled resolusi 1080x2400 piksel, Infinity-0 Display yang tampak masih menjadi tren bagi Samsung.

    Oh ya, ponsel menengah ini juga sudah mendukung refresh rate 120Hz yang sudah pasti bakal smooth banget buat berselancar dan bermain game.

    Namun memang fitur adaptive yang biasanya tersedia di ponsel flagship Samsung, tidak tersedia di Galaxy A53 5G ini. Artinya ya pengguna harus menyesuaikan kebutuhannya antara 90Hz atau 120Hz secara manual, kalau tidak mau baterainya boncos.

    Kamera

    Lanjut ke kameranya nih, ada empat lensa yang dibekali di Galaxy A53 5G ini. Pertama paling atas lensa Ultrawide 12MP F2.2, lensa utama 64MP F2.2, lensa depth 5 MP F2.4, dan lensa makro resolusi 5 MP F2.4.

    Sementara kamera depan, hadir untuk selfie dengan resolusi 32MP, F2.2.

    Fitur kamera yang menarik kami adalah kehadiran high resolustion dengan OIS di Galaxy A53 5G, sehingga saat mengambil gambar diam atau sambil bergerak, gambar tetap tajam, bahkan saat mengambil video kitanya bergerak tetap stabil.

    Saat mengambil foto landscape, di-zoom tetap tajam. Kamera ini juga punya bokeh yang sangat halus, gradasi-gradasi yang ditawarkan di foto pun lebih tajam daripada sebelumnya.

    Ada fitur NightMode sebetulnya di Galaxy A53 5G yang menurut catatan mampu meringkus 12 gambar menjadi satu, sehingga ketika kondisi low light menjadi lebih awesome. Sayangnya kami belum bisa menjajal kondisi temaram ini.

    Berikut hasil foto-fotonya:

    Hasil foto bokeh

    Hasil foto selfie

     

    Performa

    Soal kinerjanya gimana, Samsung membekali dapur pacu Galaxy A53 5G ini dengan prosesor Exynos 1280 dengan kekuataan 5nm. Tepat seperti tebakan banyak pihak selama ini.

    Tandemnya ada RAM Plus 4GB, 6GB, dan 8GB berpadupadan bersama ROM 256GB. Merasa belum cukup? Tenang ada slot microSD yang mampu mencukupi hingga 1TB.

    Oh ya sempat disinggung di atas kalau ada fitur RAM Plus di Galaxy A53 5G, artinya pengguna bisa memilih berapa angka RAM yang disesuaikan dengan kebutuhannya.

    Default RAM 4GB, kalau butuh yang lebih gegas maka bisa ditambahkan menjadi 6GB hingga 8GB. Mantap bukan?

    Jangan khawatir juga soal mengecas terus menerus, karena Galaxy A53 5G sudah dibekali baterai 5.000 mAh, upgrade dari pedahulu 4.500 mah, dengan 25 watt fast charging, untuk bisa full cukup 60 sampai 70 menit.

    Sejauh memegang ponsel ini, Galaxy A53 5G ini sangat pantas untuk dijadikan wishlist kalian yang membutuhkan ponsel spesifikasi tinggi tapi harga gak mencekik kantong.

    Kesimpulan

    Kami terpukau karena Samsung membuat ponsel kelas menengah ini semakin naik kelas. Tapi jangan bingung tetap saja ada beberapa perbedaan yang hanya didapatkan di ponsel seperti Galaxy S Series atau Fold Series.

    Namun begitu, ini menjadi andalan bagi kalian untuk bisa dibeli dengan bujet terbatas namun masih ingin punya ponsel dengan fitur mewah.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini