home ×
Digilife

Harbolnas 11.11 dan Sejarah Hari Jomblo

10 November 2020 By
Harbolnas 11.11 dan Sejarah Hari Jomblo
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Sebentar lagi periode sale rutin tahunan 11.11 digelar, dimana berbagai e-commerce akan memberikan diskon spesial untuk beberapa produk mulai dari elektronik, kecantikan hingga kebutuhan sehari-hari.

IPirce kembali merangkum beberapa pedoman untuk berbelanja pada saat periode sale 11.11 nanti. Menggunakan artikel terdahulu untuk merangkum sejarah adanya Singles’ day ini. IPirce kembali memberikan snapseed mengenai sejarah dan prediksi diskon dari beberapa produk yang bisa dibeli menjelang periode 11.11 mendatang.

Sejarah Singles Day

Ada banyak hal berlawanan di dunia ini. Kami yakin bahwa dalam sekejap kamu pun fasih menghimpun sejumlah hal kontradiktif di sekitar kita.

Salah satu antitesis yang mulai populer belakangan ini yaitu “Singles Day”. Menilik namanya yang cocok diartikan menjadi “Hari Jomblo”, barang tentu momen tersebut hadir sebagai kebalikan dari “Valentine’s Day”

Bila ditelusuri muasalnya, momen Singles Day berasal dari respon orang-orang lajang di negeri Tiongkok.

Tidak pasti sesiapa yang sebetulnya pertama kali memulai perayaan ini. Tapi saduran dari The Telegraph menceritakan bahwasanya para mahasiswa jomblo di Universitas Nanjing-lah yang memulai perayaan “Singles Day" dalam lingkup kampus pada tanggal 11 November ketika era 90-an.

Masing-masing angka 1 dari tanggal itu menjadi representasi ideal sebuah status lajang. Alih-alih merayakan kesendirian dengan bermuram durja, para mahasiswa ini mengapresiasi diri sendiri lewat bermacam hal yang menyenangkan hati.

Mulai dari makan enak sampai kenyang bego, karaokean, hingga belanja berbagai barang yang sebenarnya telah lama ingin dimiliki. Intinya, mereka ingin ada hari yang nyata untuk berpuas diri.

Awal Mula Singles Day dan Promo 11.11

Semarak perayaan Singles Day ini masih biasa-biasa saja sampai kurun tahun 2000-an awal. Levelnya masih berbatas pada tradisi perayaan kejombloan di Tiongkok. Namun gegap gempitanya menanjak drastis setelah Alibaba menciptakan parade belanja online penuh diskon selama hari Singles Day pada tanggal 11 November 2009.

Dasar homo consumericus, tebaran potongan harga khusus hari itu mampu menggoda mata dan memunculkan hasrat yang kemudian bermuara ke dompet para konsumen di Tiongkok. The Telegraph mengutip ada perputaran uang 50 juta yuan (atau setara 10 miliar rupiah saat ini) ketika Alibaba menggelar ajang belanja Single Day pada tahun 2009.

Kesuksesan Alibaba melakukan make-over dalam momen Singles Day kemudian menghadirkan ketertarikan dari para pelaku e-commerce lain untuk berpartisipasi. “Ada gula, ada semut”, begitulah kira-kira cerminan keberhasilan momen belanja online 11 November ini.

Besarnya antusiasme konsumen membuat perayaan Singles Day tidak lagi sekadar diperuntukkan pada mereka yang melajang.

Di tahun-tahun berikutnya, siapapun dapat merasakan indahnya perayaan tersebut, terlebih orang-orang yang gemar belanja karena melimpahnya suguhan diskon dari berbagai toko jualan daring.

Detik-detik Perayaan 11.11 Periode Pandemi

IPirce merangkum beberapa merchant yang turut meramaikan perayaan 11.11 2020 ini. Ramalah besaran diskon yang ditampilkan didapat dari banyaknya diskon yang tersedia di website iPirce. IPirce mengkurasi data dari ribuan merchant yang memberikan diskon dari kategori otomotif, elektronik, fashion, kesehatan & kecantikan, olahraga & outdoor dan mainan anak.

Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini periode pandemi ikut berdampak pada tren berbelanja orang di Indonesia melalui platform e-commerce.

Walaupun 11.11 ini populer di Tiongkok tapi sejak 2016 lalu euforia perayaan singles’ day sudah mulai marak juga dirayakan di Asia Tenggara khususnya Indonesia.

IPirce merangkum beberapa merchant yang tergabung dalam Map of Ecommerce Indonesia yang juga turut berpartisipasi dalam meramaikan periode sale 11 tahun 2020 ini. Berikut daftar platform e-commerce yang ikut berpartisipasi:

Shopee 11.11 Big Sale

Tanpa harus menunggu hingga 11 November nanti, para pengguna aplikasi Shopee sudah bisa menikmati sale Singles’ Day sejak 12 Oktober kemarin. Shopee juga menawarkan promo gratis Ongkos Kirim bagi customer yang akan memilih metode pembayarannya melalui proses COD (Cash on Delivery).

Lazada 11.11 Paling Laris

Sudah pasti Lazada juga ikut berpartisipasi dalam periode sale tahunan ini. Jika kita menilik page Lazada untuk tahun ini Lazada menghadirkan berbagai macam produk yang diklaim “Paling Laris” terdiri dari berbagai kategori produk, produk tanaman, fashion hingga pewangi ruangan. Dengan begini lebih mudah untuk beli barang-barang yang memang lagi hits dibulan ini.

Blibli Histeria 11.11

Blibli sebagai salah satu e-commerce besutan lokal juga tidak mau kalah. Histeria 11.11 dari Blibli ini menawarkan voucher dan cashback hingga 100% untuk pembelian pertama. Selain itu Blibli juga menawarkan promosi seperti mengundang teman untuk menarik pengguna baru sebanyak-banyaknya dengan imbalan cashback jika berhasil mengundang teman yang baru sebagai pengguna Blibli.

JD.ID HARJOYNAS 11.11

Berbeda dengan Harbolnas yang jatuh pada tanggal 12.12 nanti JD.ID mengusung tema unik Harjoynas untuk ikut berpartisipasi dalam event tahunan 11.11 di Indonesia. Mematok harga mulai dari 1 Rupiah periode diskon ini sudah dimulai sejak 1 November kemarin. Karena temanya “road to” bisa diartikan mereka juga menampilkan diskon yang sudah bisa dinikmati bahkan sebelum tanggal 11.11 nanti. Worth to try!

Zalora 11.11 Wondersale

E-commerce fashion Zalora juga ikut meramaikan dengan sale yang ditawarkan mencapain 80% off bagi beberapa produk baju, celana dan sepatu. Mereka juga menampilkan berbagai merek high end yang ikut berpartisipasi dalam sale kali ini. Sebut saja Coach, Vans dan The Executive.

Ali Express 11.11 Sale

Tentu saja Ali Express akan juga berpartisipasi dalam event sale 11.11 tahun ini. Sebagai bagian dari Alibaba sale yang ditawarkan oleh Ali Express akan dimulai tepat pada tanggal 11.11 nanti.

Berdasarkan artikel iPirce tahun 2017 untuk sale Singles’ day mereka juga memulai salenya tepat pada tanggal 11 November, tidak seperti e-commerce lainnya yang justru sudah mulai paling tidak seminggu sebelumnya.

Sociolla 11.11 Wonder Sale

E-commerce lokal khusus produk kecantikan yang baru saja ekspansi bisnis mereka ke Vietnam tidak mau kalah.

Sociolla  mengadakan flash sale pada tanggal 11 nanti dan ada beberapa produk yang harganya mulai dari 11 Rupiah. Periode sale yang mereka tawarkan tergolong unik dimana sale itu dibagi menjadi beberapa waktu berbeda mulai dari 11 pagi hingga 9 malam hingga tanggal 11 November nanti.

Orami #oramiselaluada

E-commerce khusus produk untuk bayi ini menawarkan hadiah setiap kita membeli sesuatu dari website Orami. Penawaran eksklusif berupa gratis ongkos kirim juga turut meramaikan perayaan 11.11 Orami tahun ini.

Dari website Orami menyebutkan bahwa promo 11.11 di website mereka sudah dimulai sejak 1 November kemarin dan berakhir pada 30 November mendatang.

Metodologi


Berdasarkan tren diskon historis, kami mengungkapkan prediksi berbasis data untuk melihat pedagang mana yang lebih cenderung memberikan diskon terbesar. Prediksi tersebut didasarkan pada data historis tentang diskon terbesar yang diberikan oleh pedagang antara bulan September dan Oktober 2020.

Penafian: Persentase diskon yang disebutkan & pedagang yang memberikan diskon adalah prediksi berdasarkan data historis. Karenanya, angka diskon nyata & merchant dengan diskon tertinggi di kategori yang disebutkan tidak dijamin dan mungkin berbeda pada 11 November 2020.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article