Harbolnas 2016 Tak Capai Target
TEMPO.CO, Jakarta - Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 2016 berlangsung selama tiga hari dari 12-14 Desember 2016. Pada tahun 2016, Panitia Harbolnas mencanangkan target transaksi sebesar Rp 6,6 triliun atau setara peningkatan sebanyak 3 kali dari tahun 2015.
Sayangnya pencapaian yang didapat pada Harbolnas 2016 tidak memenuhi target yang dibuat oleh panitia. Data perkiraan transaksi yang dilaporkan PT Nielsen Indonesia menyatakan bahwa tiga hari pelaksanaan Harbolnas terkumpul nilai transaksi sebesar Rp 3,3 triliun. Angka ini jauh dari target yang ditetapkan pada angka Rp 6,6 triliun. Meski begitu, Nielsen menyatakan tahun 2016 ini Harbolnas berhasil mendapati kenaikan 1,57 kali jika dibanding tahun 2015. "Memang rata-rata terjadi kenaikan, ada yang 50 persen dan ada yang sampai 10 kali lipat, jadi beda-beda semuanya," ujar Miranda Suwanto, SVP Strategic Partnership and Business Development Lazada, selaku Ketua Panitia Harbolnas 2016, di D Lab Menteng Jakarta Pusat, Senin 19 Desember 2016. Miranda menyatakan berdasarkan peningkatan nilai transaksi yang dilaporkan peserta Harbolnas telah terjadi peningkatan 3 hingga 4 kali dibandingkan transaksi harian biasa. Ia menggarisbawahi transaksi yang dilakukan oleh paserta Harbolnas tahun ini lebih luas dibandingkan penyelenggaraan tahun sebelumnya. Para peserta melaporkan bahwa nilai penjualan mengalami peningkatan dua kali lipat dibandingkan hari biasa, sedangkan dari sisi unit barang yang terjual terjadi peningkatan hingga lima kali lipat. "Ini mirip dengan data survei Shopback bahwa konsumen belanja item lebih banyak," ujar Miranda. Menurutnya perluasan sebaran jumlah unit barang yang terjual selama Harbolnas sudah cukup membuat panitia merasa Harbolnas sudah mewujudkan target penyelenggaraan untuk mengedukasi masyarakat berbelanja online.MAYA NAWANGWULANBaca:3 Barang Paling Diminati Saat Harbolnas 2016AC Nielsen: 61 Persen Pengguna Internet Ikut Harbolnas 2016LG Luncurkan Tablet G Pad III 10.1 dengan CPU Octa CoreBerita Terkait:
- Harbolnas 2016 Usai, Panitia Catat Kenaikan Transaksi
- 3 Barang Paling Diminati Saat Harbolnas 2016
- AC Nielsen: 61 Persen Pengguna Internet Ikut Harbolnas 2016
- Final Piala AFF Suzuki Cup 2016 Jadi Trending Topic Twitter
- Semua Desa Yogyakarta Berbasis Internet Mulai 2017
Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.
Editors' Picks
Most Popular
Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini