icon-category Auto

Harga Baterai Vespa Elettrica Rp70 Jutaan, Garansinya 3 Tahun!

  • 27 Aug 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Skuter listrik Vespa Elettrica resmi dijual di Indonesia sejak beberapa pekan lalu. Skuter ini dijual dengan harga yang cukup tinggi yakni Rp198 juta untuk on the road DKI Jakarta.

Lantas dengan harga tersebut, kira-kira berapa harga baterainya jika harus diganti?

Ayu Hapsari selaku PR & Communications Manager PT Piaggio Indonesia (PID) menyebutkan baterai dari Vespa Elettrica sendiri bisa tembus hingga puluhan juta rupiah.

"Harga (baterai) sekitar Rp70-an juta," ujar Ayu saat ditemui awak media di Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (24/8) kemarin.

alt-img

Vespa Elettrica sendiri menggunakan baterai yang merupakan kerjasama antara Piaggio Group dengan LG Chem. Baterai tersebut memiliki kapasitas 86 Ah dengan daya yang dikeluarkan sebesar 4,2 kWh.

Sementara itu, harga yang disebutkan oleh Ayu sebelumnya belum termasuk dengan ongkos pasang yang disesuaikan dengan Flat Rate Time (FRT) alais penentuan harga jasa servis di bengkel resmi.

Saat ini Vespa Elettrica sendiri dijual dan dilayani aftersalesnya di Motoplex 4 Brand yang tersebar di beberapa kota Indonesia seperti Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bali, dan Medan.

PT PID sendiri mengklaim Vespa Elettrica memiliki baterai yang bertahan hingga 1.000 siklus pengisian. Baterai ini juga tahan terhadap debu dan air tekanan rendah dengan sertifikasi IP65.

Komponen baterai dari Vespa Elettrica juga dibekali garansi oleh PT PID selama 3 tahun. Konsumen juga tidak perlu melakukan perawatan baterai dan penggerak listrik.

"Semua komponen garansi tiga tahun, kecuali fast moving," ungkapnya.

Sebagai tambahan informasi, Vespa Elettrica bisa digunakan untuk melaju dengan kecepatan maksimal hingga 67 km/jam. Hal tersebut didukung oleh beberapa komponen seperti Power Unit, Vehicle Management System, dan baterai.

Baterai dari Vespa Elettrica sendiri menggunakan komponen lithium-ion yang diklaim mampu menempuh jarak hingga 100 kilometer pad amode ECO dan 70 kilometer pada mode POWER.

Di sisi lain, Vespa memberikan fitur Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang membantu memberikan efisiensi pengisian daya. Fitur ini juga memungkinkan Vespa Elettrica untuk mengisi ulang baterai saat deselerasi kecepatan.

Kemudian untuk mengisi daya baterainya, bisa dilakukan dengan menggunakan kabel yang tersedia di kompartemen dan disambungkan ke stop kontak langsung. Pengisian baterainya sendiri membutuhkan waktu 4-8 jam.

Sementara untuk penggerak lsitriknya, Vespa Elettrica dibekali daya sebesar 3,6 kW dan daya puncaknya mencapai 4 kW dengan torsi sebesar 200 Nm.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini