icon-category Gadget

Harga Lebih Murah, Ini Perbandingan Spesifikasi Oppo Reno3 vs. Reno2

  • 18 Mar 2020 WIB
  • Bagikan :

    (dok. Oppo)

    Uzone.id -- Oppo meluncurkan lini produk Reno generasi ke-tiga. Namanya pun sudah ketebak, yaitu Reno3. Kira-kira seperti apa perbandingan spesifikasi antara Reno3 dengan pendahulunya, Reno2?

    Ambisi Oppo untuk tetap menghadirkan ponsel anyar di kelas menengah memang patut diapresiasi, mengingat Indonesia sedang darurat bencana penyakit corona yang menghambat banyak aktivitas fisik di luar rumah. Maka dari itu peluncuran Reno3 digelar secara digital melalui live-streaming di YouTube.

    Reno3 dibandero lebih murah ketimbang Reno2. Harga Reno3 di Indonesia adalah Rp5,19 juta, sedangkan Reno2 Rp7,99 juta. Tentu hal ini menarik, mengingat biasanya kalau penerus generasi yang lebih lawas akan lebih mahal, atau gak akan beda tipis.

    Baca juga: Oppo Reno3 Akhirnya Dirilis di Indonesia, Ini Harga dan Speknya

    Berikut perbandingan spesifikasi antara keduanya.

    Layar

    Oppo Reno3 mengusung 6,4 inci Super AMOLED, sedangkan Oppo Reno2 sedikit lebih besar, yakni 6,5 inci panel OLED. 

    Dari tampilan depan sih mudah membedakannya karena Reno3 masih menggunakan notch waterdrop di bagian atas layar untuk menampung kamera depan. 

    Kalau Reno2 menggunakan desain seperti Reno pertama, yakni konsep pivot rising camera, di mana modul kameranya mencuat keluar jika kita mengaktifkan kamera depan.

    Dengan kata lain, Reno2 terbebas dari ‘gangguan’ notch kecil pada layar.

    Kamera

    Aspek satu ini tentu jadi hal penting bagi produk Oppo.

    Berikut rincian resolusi kamera belakang Reno3:

    • Lensa utama 48MP 
    • Lensa telephoto 13MP hybrid zoom 5x
    • Lensa ultra-wide 8MP
    • Lensa monokrom 2MP

    Sementara kamera Reno2 hampir mirip, namun tetap ada pembedanya, berikut detailnya:

    • Lensa utama 48MP 
    • Lensa telephoto 13MP zoom 20x
    • Lensa wide-angle 8MP
    • Lensa portrait 2MP
    (Oppo Reno2. Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

    Baca juga: 3 Tips Smartphone Photography dari Darwis Triadi

    Andalan dari Reno2 sejak awal memang fitur hybrid zoom yang mencapai 20x, lensa utama 48MP, dan portrait 2MP yang bisa mengambil hasil foto lebih fokus.

    Sementara Reno3 menonjolkan lensa utama 48MP yang bisa mengambil foto dengan resolusi sampai 108MP agar hasilnya lebih tajam dan warna lebih hidup.

    Perbedaan drastis juga terletak pada kamera depan.

    Oppo membekali Reno2 dengan kamera depan 16MP, sedangkan peningkatan pada Reno3 cukup jauh, yakni 44MP lengkap dengan fitur Ultra-Night Selfie yang bisa digunakan untuk foto-foto selfie dalam kondisi gelap.

    Prosesor dan RAM

    Keduanya sama-sama menggunakan prosesor untuk kelas menengah, yang membedakan produsennya saja.

    Reno2 menggunakan Snapdragon 730G dari Qualcomm, sedangkan Reno3 dibekali Helio P90 dari MediaTek. Meski berada di kelas yang sama, banyak yang meyakini jika Snapdragon 730G masih lebih kencang performanya.

    Untuk RAM dan memori internal, Reno2 masih lebih unggul. Oppo membekali Reno2 dengan RAM 8GB dan ROM 256GB. Sementara Reno3 memiliki RAM 8GB dan memori internal 128GB.

    Baterai

    Reno3 mengalami peningkatan dari sisi kapasitas baterai, yakni 4.025 mAh dengan fast-charging VOOC 3.0 berkecepatan 20W. 

    Sedangkan Oppo Reno2 baterainya 4.000 mAh, kemampuannya sama dengan Reno3, sama-sama fast-charging 20W dari teknologi VOOC 3.0.

    Menurut kalian gimana, gaes?

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini