Auto

Harga Pertamax Turbo Naik Jadi Rp12.300, Pertamina Dex Jadi Rp11.150

  • 20 September 2021
  • Bagikan :

    Ilustrasi (Foto: Instagram @pertamina)

    Uzone.id - PT Pertamina (Persero) telah melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Umum untuk produk Pertamax Turbo (RON 98) dan Pertamina Dex (CN 53) per tanggal 18 September 2021.

    Kenaikan harga BBM itu dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

    FOTO: Tampang Taksi Terbang EHang dari Dekat, Segahar Apa?

    Adapun kenaikan harga BBM jenis Pertamax Turbo naik dari harga Rp9.850 menjadi Rp12.300 di beberapa provinsi di Indonesia, yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Nanggroe Aceh Darussalam.

    Kemudian, harga Pertamax Turbo saat ini paling mahal dijual Rp12.700 di Provinsi Riau, Kepulauan Riau, Batam, dan Bengkulu. Untuk provinsi lainnya dijual dengan harga Rp12.500.

    Sedangkan Pertamina Dex yang awalnya dijual Rp10.200 per liter, naik menjadi Rp11.150 per liter untuk wilayah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) 5 persen.

    Pertamina Dex dengan harga Rp11.150 dijual di provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Nanggroe Aceh Darussalam.

    Kemudian, harga Pertamina Dex dengan harga paling mahal, yakni Rp11.550 dijual di Provinsi Riau, Kepulauan Riau, Batam, dan Bengkulu. Untuk provinsi lainnya dijual Rp11.350.    

    Putut Andriatno, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga SH C&T PT Pertamina (Persero), dalam keterangan tertulisnya mengatakan pada Minggu (19/9/2021) bahwa penyesuaian harga BBM dilakukan dengan mengikuti perkembangan dari industri minyak dan gas.

    Menurutnya, penyesuaian harga hanya untuk Pertamax Turbo dan Pertamina Dex. Sedangkan produk lainnya, tidak mengalami perubahan harga.

    Putut mengatakan, meskipun Pertamax Turbo dan Pertamina Dex mengalami penyesuaian harga namun masih paling kompetitif jika dibandingkan dengan produk setara.

    "Penyesuaian harga ini juga sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, bahkan masih di bawah batas yang ditetapkan," kata dia.

    Pertamina tetap memberikan loyalty program bagi pengguna setia produk-produk berkualitas dan ramah lingkungan, salah satunya dengan hemat pembelian Pertamax Turbo dan Dex Series sebesar Rp 300 per liter menggunakan aplikasi MyPertamina hingga 30 September 2021.