home ×
Gadget

Harga Ponsel 5G Terjangkau Bisa Mulai dari Rp2 Jutaan?

22 January 2021 By
Harga Ponsel 5G Terjangkau Bisa Mulai dari Rp2 Jutaan?
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Awal Januari 2021, Qualcomm telah mengumumkan chipset Snapdragon 480 5G. kehadiran chipset ini semakin menegaskan prediksi bahwa ponsel 5G harga terjangkau akan bermunculan di tahun ini.

Namun, seterjangkau apa harga ponsel 5G kelak? Dalam acara Uzone Talks pada Kamis (21/1), pengamat gadget Lucky Sebastian menduga, ponsel 5G versi terjangkau bakal dibanderol Rp3 jutaan.

“Jadi mungkin nanti 480 sebentar lagi akan mulai dipasarkan, keluar smartphone komersialnya. Saya rasa mungkin nilainya sekitar Rp3 jutaan atau mungkin malah Rp2 juta lebih. Ini kalau melihat berdasarkan chipset sekarang yang punya konfigurasi mirip,” ujar Lucky.

Di samping itu, Lucky juga menilai bahwa kehadiran Snapdragon 480 5G menjadi game changer bagi industri smartphone.

Ia menjelaskan, “Jadi Snapdragon ini, kan, punya kelas. Biasanya yang depannya 8, kayak Snapdragon 888 sekarang, itu berarti dia flagship. Makin ke bawah itu, dia kelasnya semakin ke middle kemudian ke low budget.”

“Nah, sekarang dia tiba-tiba punya 480 tapi 5G. Nah, ini sebenarnya game changer banget, karena siapa sih yang paling banyak pakai smartphone? Yaitu kelas-kelasnya memang middle ke bawah. Itu jumlah yang paling banyak di dunia dan mereka pun pasti pengen dong menikmati 5G,” imbuhnya.

Lucky memandang, kehadiran 5G di chipset kelas menengah sangat cepat, mengingat tahun lalu, teknologi ini hanya ada di ponsel flagship. Soal performa, Lucky berpendapat bahwa kemampuan chipset 480 5G ini setara dengan seri 6 yang ada di tahun lalu.

“Dia itu semakin tahun, yang dulunya misalnya angkanya 4 itu kan di bawah, sekarang sudah paling bawah, tapi sekarang keluar tahun 2021, dia punya konfigurasi atau arsitektur itu eperti seri 6 tahun yang lalu. Jadi terus meningkat kemampuan chipset ini,” tuturnya.

 

VIDEO: Oppo Reno5 Review, Plus Minus Sebelum Dibeli

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article