home ×
Gadget

Haruskah Upgrade ke iPhone 12? Ini Jawaban Atas Kegalauan Kalian

17 October 2020 By
Haruskah Upgrade ke iPhone 12? Ini Jawaban Atas Kegalauan Kalian
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Apple telah resmi meluncurkan iPhone 12 di Apple Event, Rabu (14/10/2020). Apple menghadirkan iPhone 12 dalam empat varian, yaitu iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Max.

Jajaran smartphone tersebut bukan hanya mengalami peningkatan besar, tetapi juga menjadi ponsel 5G pertama dari Apple. Dengan semua perubahan besar yang hadir dalam jajaran iPhone 12, kalian mungkin bertanya pada diri sendiri. Haruskah kita upgrade ke iPhone 12?

Sebenarnya tidak ada jawaban pasti. Semua tergantung pada banyak hal. Seperti dikutip Uzone.id dari PCMagazine, ada beberapa panduan praktis untuk membantu kalian memutuskan untuk membeli atau tidak membeli iPhone 12. Baca panduan berikut sampai selesai, ya!

Pemilik iPhone SE, jangan upgrade

Rilis secara global pada April 2020, iPhone SE adalah smartphone berkemampuan sempurna dan menjadi smartphone paling terjangkau dari Apple. Kalian, para pemilik iPhone SE, mungkin masih menyukai banyak hal dari smartphone ini. Jadi, belum ada alasan bagi kalian untuk upgrade ke iPhone 12.

Namun, bila tidak bisa sabar menunggu, kalian bisa mempertimbangkan iPhone 12 mini. Smartphone ini memberikan konektivitas 5G, layar OLED, dan spesifikasi lain yang lebih baik dari iPhone SE.

Pemiliki iPhone 11 atau 11 Pro, jangan upgrade

Jika kalian membeli iPhone dalam setahun terakhir, tidak ada alasan kuat untuk upgrade ke jajaran iPhone 12. Apple iPhone 11 dan iPhone 11 Pro didukung proseso A13 Bionic, masa pakai baterai sekitar 10 jam untuk streaming video dan film, serta resolusi kamera yang itu.

Apple iPhone 12 memang memiliki peningkatan signifikan. Namun, buat kalian pemilik iPhone 11 atau 11 Pro, kalian bisa menunda membeli iPhone 12 setidaknya sampai setahun.

Jika kalian seorang fotografer atau videografer yang mengandalkan smartphone dan merasa harus memiliki perangkat baru dan mumpuni, iPhone 12 Pro Max layak menjadi pilihan.

Pemilik iPhone XS atau XR, jangan upgrade

Jika kalian mempunyai iPhone XS atau iPhone XR, kalian tidak perlu terburu-buru untuk upgrade. Tentu, iPhone 12 menawarkan konektivitas 5G dan sejumlah fitur baru lainnya. Namun, iPhone keluaran 2018 masih cukup kuat untuk mencapai apa pun yang kalian inginkan.

Jika kalian memutuskan untuk meningkatkan, iPhone 12 akan menjadi perubahan yang menyenangkan bagi pemilik iPhone XS, dan lompatan besar bagi pengguna iPhone XR.

Apple iPhone 12 memiliki prosesor yang sama dengan iPhone 12 Pro, tanpa banyak fitur kamera kelas atas. Meski begitu, kalian masih bisa mendapatkan peningkatan kualitas gambar dari iPhone XS atau XR milik kalian sekarang.

Pemilik iPhone X, pertimbangkan untuk upgrade

Apple iPhone X menghadirkan peningkatan yang cukup berarti saat pertama rilis. Ini adalah smartphone pertama dari Apple dengan FaceID, serta iPhone pertama dengan layar OLED.

Apple iPhone X masih terasa cukup update untuk sekarang. Jadi buat para pengguna iPhone X, kalian bisa menunda satu tahun lagi untuk kemudian upgrade.

Namun, jika iPhone X kalian mulai terasa ketinggalan zaman, kalian bisa pilih iPhone 12 atau iPhone 12 mini. Keduanya akan memberi kalian dukungan 5G dan prosesor yang jauh lebih cepat. Sementara itu, iPhone 12 Pro lebih cocok untuk para penyuka fotografi dan videografi.

iPhone 8, pertimbangkan untuk upgrade

Apple iPhone 8 adalah model terakhir Apple dengan TouchID, dan memiliki layar 4,7 inci yang relatif kecil. Meski mendapatkan pembaruan iOS 14 baru-baru ini, ada kemungkinan iPhone 8 tidak akan mendapatkan iOS 15.

Selain soal pembaruan perangkat lunak di masa mendatang, ada beberapa alasan lain yang menjadi pertimbangan untuk upgrade ke jajaran iPhone terbaru

Prosesor dan modem A11 Bionic iPhone 8 bagus pada saat itu, tetapi pada tahun 2020, keduanya terasa sedikit lamban. Kamera 12MP juga sudah mulai terasa ketinggalan zaman, terutama dalam kondisi minim cahaya.

Meski demikian, kalian masih bisa menggunakan iPhone 8 setahun lagi, terutama jika kalian membelinya dalam 12 bulan terakhir atau baru saja mengganti baterainya. Jika kalian ingin upgrade sekarang, iPhone 12 Mini adalah pilihan yang bagus dan terjangkau.

VIDEO: Poco X3 Unboxing, Upgrade Apalagi Nih?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Apip Pudin 18 October 2020 | 19:41:30

terus maju dunia karena kita butuh kemajuan

Satria Kelana 18 October 2020 | 01:58:56

kalau menurut saya sih upgrade aja kalau memang mau teknologi yang lebih baik lagi

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article