Hati-Hati, Pola Makan yang Buruk Bisa Memengaruhi Kesehatan Mental Kamu

16 April 2018 by
Hati-Hati, Pola Makan yang Buruk Bisa Memengaruhi Kesehatan Mental Kamu

Uzone.id-Menurut DailyMail, sebuah penelitian baru menemukan bahwa orang muda, usia 16-25 tahun, merupakan generasi yang paling tidak bahagia dalam satu dekade. Secara lebih detail, satu dari empat orang muda merasa putus asa terus-menerus. Lantas, hampir setengah dari orang muda mengalami masalah kesehatan mental.

Pola makan seimbang dan sehat biasanya tidak menjadi rekomendasi utama untuk mengatasi krisis tersebut. Banyak orang muda merasa bugar. Lagipula, mereka menganggap pola makan yang buruk serta risiko penyakit yang timbul—seperti penyakit jantung dan kanker—adalah masalah yang hanya perlu dikhawatirkan oleh orang usia tua.

Akan tetapi, pada kenyataannya, sebuah penelitian baru yang dipublikasikan di National Diet and Nutrition Survey (NDNS) mengungkapkan bahwa banyak remaja memiliki kadar vitamin dan mineral yang sangat rendah. Para ahli mengatakan bahwa hal ini mungkin berkaitan dengan peningkatan masalah kesehatan mental pada kaum muda.

Yang lebih mengejutkan dari temuan tersebut, yaitu hanya delapan persen orang muda, usia 11-18 tahun, yang mengonsumsi lima atau lebih buah dan sayur. Mengingat hasil tersebut, tidak mengherankan bahwa studi ini menemukan kadar vitamin, mineral, dan kalium yang rendah pada orang muda.

Selain itu, hampir 28 persen atau satu dari tiga perempuan usia 11-18 tahun memiliki kadar asam folat yang sangat rendah. Kadar asam folat dan asam lemak omega-3 yang sangat rendah berkaitan dengan depresi dan masalah kesehatan mental lainnya.

Hal lain yang juga perlu dikhawatirkan, yaitu orang muda yang gagal memenuhi asupan kalsium. Padahal, kalsium sangat penting untuk anak-anak, remaja, dan orang dewasa muda. Semakin banyak konsumsi kalsium, semakin rendah risiko osteoporosis yang akan terjadi di kemudian hari.

Bukan bermaksud melebih-lebihkan, tapi hasil temuan tersebut menunjukkan bahwa remaja seperti menyimpan ‘bom waktu’ yang kelak menimbulkan ledakan negatif terhadap kesehatan fisik dan mental mereka. Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu menerapkan pola makan sehat mulai sekarang.

Kalau ingin diet, kamu juga perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jangan sampai kamu melakukan diet yang keliru.

 

 

Apa Reaksi Anda ?

Love
75%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
25%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
26 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Taufiq Risqi 12 July 2018 | 08:31:28

oh begitu terima kasih artikelnya bermanfaat

raden ryo 05 July 2018 | 19:11:11

ya iyalah semua kan dari pola makan yang sehat

Jey Zee 03 July 2018 | 18:33:34

waduh bahaya nih. pola makan saya tidak teratur😅

rohman zibran 03 July 2018 | 02:28:12

tjanks uzone jadi mqkin bqnyqk ilmu makin banyak ongetahuqn 😁😁😁😁😁

Axis 02 July 2018 | 09:26:19

orang muda yang gagal memenuhi asupan kalsium

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top