icon-category Auto

Hati-hati! Jalan Lebih Licin Justru Saat Hujan Baru Turun

  • 29 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Masih di musim hujan, pengendara tentunya harus selalu berhati-hati saat mengendarai sepeda motor. Banyak yang tidak mengetahui pada saat hujan baru turun justru membuat jalanan lebih licin.

Ketika hujan baru turun, kotoran, lumpur, minyak, atau oli yang sebelumnya mengendap saat jalan dalam keadaan kering, terangkat oleh air hujan. Hal inilah yang membuat jalanan tiba-tiba menjadi lebih licin dibandingkan saat hujan sudah terjadi cukup lama.

Penyebab lain jalan menjadi licin saat hujan adalah adanya perubahan suhu. Suhu ban yang digunakan berbeda dengan suhu pada permukaan aspal, sehingga ban akan kurang traksi yang dapat menyebabkan selip.

Jika pengendara tidak memperhatikan dua hal tersebut, bisa berpotensi jatuh ataupun tergelincir saat berkendara motor.

alt-img

Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora memberikan tips aman berkendara saat hujan baru turun. Menurutnya saat hujan mulai turun disarankan pengendara untuk menurunkan kecepatan.

"Gunakan rem belakang untuk menghentikan kendaraan lebih efektif. usahakan agar jari tangan tidak bersiap-siap di tuas rem depan untuk menghindari pengereman mendadak di roda depan. Selain itu jaga kecepatan berkendara dengan aman," ujar Ludhy dalam keterangan resmi.

"Pastikan juga untuk selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan di sekitar, baik di depan maupun di belakang. Hindari manuver zig zag atau perilaku yang berbahaya, serta hindari akselerasi mendadak saat jalanan licin," lanjut Ludhy.

Ludhy juga menyarankan, agar lebih aman pengendara dapat berhenti terlebih dahulu untuk menunggu hujan reda. Di sisi lain, berhenti saat hujan baru dimulai juga dapat menunggu partikel kotoran, oli, dan minyak yang mengedap agar terbilas air hujan terlebih dahulu.

Aktivitas ini juga dapat dilakukan sembari menggunakan jas hujan dan perangkat keamanan lainnya agar lebih aman menerjang hujan. Ditambah suhu ban juga dapat lebih ideal ketika berhenti saat hujan baru turun.

Yang tak kalah penting, periksa kondisi kendaraan dan tekanan ban saat berkendara motor di musim hujan. Motor yang dalam keadaan prima tentunya menambah keselamatan berkendara saat diterjang hujan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini