home ×
Digilife

Hati-hati! Malware Nyamar Aplikasi Clubhouse Android

23 March 2021 By
Hati-hati! Malware Nyamar Aplikasi Clubhouse Android
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Popularitas aplikasi Audio Chat khusus iOS semakin naik setiap harinya, banyak orang yang menginginkan Clubhouse juga tersedia untuk pengguna Android. Melihat adanya peluang tersebut, para oknum nakal memanfaatkan kesempatan ini untuk menyebarkan virus dengan menyamar sebagai Clubhouse versi Android.

Dikutip dari Mashable, ESET yang merupakan penyedia antivirus, mendeteksi adanya program Trojan. Situs Clubhouse palsu di "joinclubhouse Mobi" telah menyebarkan aplikasi berbahaya di internet.

Situs itu sendiri terlihat identik dengan situs Clubhouse yang asli. Hanya saja mereka menawarkan versi Android dari aplikasi tersebut di Google Play Store.

Baca juga: Twitter Uji Coba Nonton YouTube Langsung dari Twit

Jika pengunjung mengunduhnya, program Trojanized akan mencoba mencuri data login dari 458 layanan online, termasuk platform media sosial, pertukaran mata uang kripto, dan aplikasi perbankan.

Meski web ini menawarkan aplikasi Clubhouse dari Google Play Store, nyatanya situs ini akan mengirimkan program berbahaya melalui servernya. Setelah terinstal, Trojan akan mencuri kata sandi dengan membuat jendela masuk palsu pada aplikasi yang sedang dibuka seperti Facebook, Twitter, atau Netflix.

"Menggunakan otentikasi dua faktor berbasis SMS (2FA) untuk mencegah penyusupan ke akun pengguna belum tentu membantu dalam kasus ini, karena malware juga dapat mencegat pesan teks," tambah ESET.

Baca juga: Tips Agar Tak Diikuti Google Terus Menerus

"Aplikasi berbahaya ini juga meminta korban untuk mengaktifkan layanan aksesibilitas, secara efektif bisa memungkinkan penjahat untuk mengambil kendali perangkat."

Daripada mengunduh aplikasi yang tidak legal, pengguna Android harus sedikit bersabar untuk menggunakan aplikasi ini. Untuk memenuhi permintaan konsumen, Clubhouse memang sudah berencana untuk hadir di Android, dan akan diluncurkan beberapa bulan lagi.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article