icon-category Gadget

Heboh Belanja Rp82 M Buat Aibon, Bisa Dapat Berapa iPhone?

  • 30 Oct 2019 WIB
  • Bagikan :

    (Trio iPhone 11/Foto: GSMArena)

    Uzone.id -- Linimasa media sosial seperti Twitter mendadak dibanjiri komentar-komentar tentang lem aibon. Ternyata, hal ini berasal dari anggaran belanja Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta untuk aibon sebesar Rp82 miliar.

    Iya, gak salah baca. Dana Rp82 miliar dialokasikan untuk lem aibon. 

    Gara-gara semua orang berbicara aibon, aibon, aibon, kok lama-lama jadi terdengar seperti aipon, aipon, aiponHeu, maksa.

    Baca juga: Netizen Tercengang, Disdik DKI Jakarta Belanja Lem Aibon Rp82 M

    Tapi, karena kehebohan linimasa Twitter, lengkap Trending Topic “Aibon” berada di perangkat kedua wilayah Indonesia dengan jumlah cuitan lebih dari 53 ribu twit, gue jadi kepikiran satu hal: anggaran Rp82 miliar, bisa dapat berapa unit iPhone, ya?

    Trio iPhone baru, yakni iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max sampai sekarang belum masuk Indonesia. Tapi, banyak yang optimis dalam waktu dekat bakal dirilis di Tanah Air, sih.

    But anyway, gak ada salahnya memperkirakan kalau Disdik DKI membelanjakan anggaran Rp82 miliar untuk iPhone paling baru dengan spesifikasi paling canggih, yakni iPhone 11 Pro Max --untuk murid, guru, atau siapapun, gak tahu juga, namanya juga berandai-- ketimbang lem aibon.

    (dok. Apple)

     

    Apple menjual iPhone 11 Pro Max dalam tiga konfigurasi memori internal, tapi mari ambil yang paling besar, yaitu 512GB.

    Baca juga: Apple Rilis Airpods Pro, Tambah Fitur Tambah Mahal

    Jika kita mengambil patokan harga di negara tetangga terdekat, yaitu Singapura, maka harga iPhone 11 Pro Max 512GB adalah SGD 2.349 atau setara Rp23,9 juta.

    Nah, seharga itu, dapat berapa unit iPhone 11 Pro Max dengan biaya Rp82 miliar?

    Mari kita gunakan ilmu Matematika yang telah diajarkan sejak Sekolah Dasar.

    82.000.000 dibagi 23.900.000, hasilnya 3.430,962343096234.

    Sepakati aja ya, kita bulatkan menjadi 3.430 unit iPhone 11 Pro Max.

    Hmm… lumayan juga, ya. 



    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini